Pendidikan

UAD Resmikan Sentra Industri Herbal dan Pompa Hidram di Ngargosari Samigaluh

Selasa, 16 November 2021 - 08:28 | 45.35k
Rektor UAD ketika melakukan penandatanganan peresmian sentra Industri Herbal dan pompa hidram. (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)
Rektor UAD ketika melakukan penandatanganan peresmian sentra Industri Herbal dan pompa hidram. (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAUniversitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD) meresmikan sentra Industri Herbal dan pompa hidram di Kelurahan Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (15/11/2021). Peresmian tesebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor UAD, Dr. Muchlas MT dan Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo.

Pada sambutannya, Muchlas mengatakan dalam rangka memperingati Milad ke-61, UAD mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Kalurahan Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo. Hilirisasi pengabdian tersebut terwujud dengan dibukanya Sentra Industri Herbal dan pembuatan pompa hidram. Program pengabdian ini bekerja sama dengan Baznas Kapubaten Kulon Progo.

Muchlas menjelaskan UAD memiliki spirit ‘migunani tumraping liyan’. Saat ini UAD memiliki 15 kalurahan atau desa mitra yang tersebar di Yogyakarta, dan pihaknya juga memiliki target pada tahun 2022 paling tidak ada 50 desa mitra.

“Pompa hidram yang dibuat UAD saat ini telah mencukupi kebutuhan air sekitar 80 kepala keluarga yang ada di Kalurahan Ngargosari. Pompa ini menghasilkan 10 liter air dalam waktu satu menit. Sebelum disalurkan ke rumah warga, air ditampung ke tandon khusus dengan kapasitas 2.000 liter,” kata Muchlas dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Selasa (16/11/2021)

Lebih lanjut, ia mengatakan UAD sangat terbuka untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan spirit ‘migunani tumraping liyan’. Menurutnya, ada empat bidang yang dapat dilakukan, pertama pertanian, peternakan, dan kesehatan. Kedua energi terbarukan. Ketiga sosial, humaniora, dan budaya. Keempat teknologi informasi.

"Jadi kami sangat siap untuk membantu memajukan Kabupaten Kulon Progo melalui program pengabdian kepada masyarakat,” tandasnya

Di sisi lain, Sutejo sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan UAD. Tujuan baik harus dilakukan dengan baik. Pihaknya juga sangat terbuka untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi.

“UAD dapat turut membangun Kulon Progo dari sisi yang dimiliki UAD, tri dharma perguruan tinggi misalnya atau program kuliah kerja nyata (KKN). Kami berharap ke depan UAD dapat melakukan pengabdian di kalurahan lainnya,” kata Sutedjo

Dalam kesempatan itu, Muhadi, SE selaku PJ Lurah Ngargosari menyambut baik dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan UAD. Ia mengatakan sebelumnya pernah ada beberapa perguruan tinggi ke sini untuk bekerja sama melakukan pengabdian, tetapi minim implementasi kegiatan. Berbeda dengan UAD yang membuat pompa hidram dan meresmikan sentra industri herbal.

Ia menjelaskan, pengelolaan air dan sampah kini menjadi prioritas Kalurahan Ngargosari. Dengan adanya pompa hidram dari UAD penggunaan sumber air yang ada bisa menjadi lebih terasa manfaatnya.

Dikatakannya manfaat air untuk masa depan, untuk anak cucu. Terima kasih UAD sudah membantu membuat pompa hidram sehingga warga bisa memanfaatkan sumber air yang tersedia dari alam. “Kami memiliki target pada 2030 punya sumber air yang aman dan sehat,” tuturnya

Muhadi menambahkan ke depan kami juga ingin mengadakan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) untuk mengurangi sampah dan nantinya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Intinya bebas sampah dan menghasilkan ekonomi bagi masyarakat,” paparnya dalam peresmian Sentra Industri Herbal dan Pompa Hidram Kedhung Cangkring Ngargosari hasil binaan program pengadian kepada masyarakat UAD. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES