Kuliner Indonesia Bangkit

Lezatnya Aneka Olahan Ikan Tuna Aroma Pesisir dari Kota Ambon

Selasa, 16 November 2021 - 08:00 | 106.35k
Aneka olahan ikan tuna produksi UKM Makmur Jaya Kota Ambon.
Aneka olahan ikan tuna produksi UKM Makmur Jaya Kota Ambon.
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, AMBON – Mau merasakan enaknya aneka olahan ikan tuna? Datanglah ke Kota Ambon. Berbagai olahan ikan tuna Aroma Pesisir produksi UKM Makmur Jaya Ambon.

Aneka produk ikan tuna seperti Abon, Bakso, Nugget, Sosis, dan lainnya bisa memanjakan lidah Anda. Tentu selain kuliner ikan lautnya yang bikin ketagihan.

Ya, potensi perikanan di perairan Kota Ambon sangatlah tinggi. Terutama di Laut Banda yang menjadi fishing ground penyebaran ikan tuna, cakalang, dan tongkol. 

Potensi inilah yang dimanfaatkan UKM Makmur Jaya untuk membuat produk olahan ikan tuna yang berlimpah. "Ikan tuna sangat banyak di sini, sayang jika tidak dimanfaatkan menjadi produk olahan. Meski kami kerjakan secara manual, namun produk kami sangat diminati pasar," ucap Bu Jati, pemilik usaha olahan Ikan Tuna dengan brand "Aroma Pesisir".

Aroma-Pesisir-2.jpg

Saat ini olahan Abon Ikan Tuna buatannya paling banyak diminati. Baik masyarakat Ambon sendiri maupun luar Ambon. Bahkan beberapa telah dikenalkan di luar provinsi seperti Medan, Jakarta. Bahkan ke Malaysia.

Menurut Bu Jati, Abon Ikan Tuna banyak mengandung gizi. Rasanya juga lezat. Protein di dalamnya bisa menyehatkan untuk anak-anak dan orang dewasa. Karena ikan tuna memiliki kandungan omega yang tinggi untuk kecerdasan.

Produk olahan UKM Makmur Jaya juga sudah masuk pasar modern. Mulai Indomaret, Alfamart, dan lainnya. 

Soal harga? Jangan khawatir. Olahan abon ikan tuna ini dipatok dengan harga sangat terjangkau.

Aroma-Pesisir-3.jpg

"Di Indomaret dan Alfamaret di Kota Ambon kami melepasnya dengan harga  Rp 25 ribu," kata Bu Jati. 

Permintaan pasar yang tinggi membuat produk UKM Makmur Jaya banyak diminati pasar. "Selama pandemi Covid, kami terus bergerak. Alhamdulillah produk kami meningkat," ujar Bu Jati.

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Ambon Piet H. Paliama SE menyampaikan bahwa Pemkot Ambon terus melakukan pendampingan dan pembinaan bagi pelaku usaha.

"Ini agar supaya bisa memajukan ekonomi di Kota Ambon. Kami misalnya melakukan pameran produk UKM secara nasional di luar daerah," jelas Piet Paliama. 

Olahan ikan tuna produksi UKM Makmur Jaya dengan brand Aroma Pesisir juga diperkenalkan ke luar negeri. "Kami selalu membawa produk Ibu Jati ini. Alhamdulillah produknya sangat laris," kata Piet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES