Peristiwa Daerah

3 Patung Kuno Berbentuk Kera Ditemukan di Kabupaten Probolinggo

Senin, 15 November 2021 - 20:46 | 387.97k
Tiga buah arca yang ditemukan warga di sekitar sungai. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Tiga buah arca yang ditemukan warga di sekitar sungai. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Tiga buah arca atau patung kuno ditemukan warga di Dusun Bensungan, Desa Kaliacar, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ketiga patung itu ditemukan di sekitar sungai dusun setempat.

Jamal (50), warga yang pertama kali menemukan patung tersebut menyampaikan ketiga arca tersebut ditemukan di sisi selatan sungai Rondoningo yang letaknya tepat berada di sebelah selatan rumahnya. Ketiganya ditemukan dalam jarak berjauhan.

“Ditemukan sudah sekitar setahun yang lalu. jarak antar arcanya sekitar 50 meter. Cuma baru hari ini (Senin, red) saya kepikiran untuk melaporkannya ke desa,” katanya, Senin (15/11).

Ia melanjutkan arca tersebut tidak sengaja ia temukan saat dirinya hendak mencari batu sungai untuk pembangunan rumahnya di lahan perhutani setempat. Bahkan, untuk arca pertama, kedua, dan ketiga, ia temukan di hari yang berbeda.

“Sengaja cari ke seberang sungai di sisi selatannya, karena sungai ini aslinya di sana (lokasi penemuan arca, red). Namun karena ada banjir alirannya berpindah. Pada saat itulah saya menemukan arca ini,” ujarnya.

Menyadari arca tersebut merupakan barang yang mempunyai nilai, ia pun memutuskan untuk memindahkannya ke depan rumahnya. Sehingga arca tersbebut bisa terawat kondisinya dan tidak diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab serta tidak terinjak-injak binatang liar.

“Langsung saya pindah saat menemukan itu, khawatir rusak kalau tidak terawat,” paparnya.

Selanjutnya, Jamal memasrahkan tiga arca tersebut kepada pemerintah desa setempat. Agar dapat dilestarikan dan diungkap latar belakang sejarahnya.

“Terserah desa, mau dibawa ke kantor desa ataupun ke museum silakan, yang penting dirawat. Karena ini merupakan salah satu kekayaan sejarah kita,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, pemerintah desa setempat mengaku akan melanjutkan laporan penemuan 3 arca itu kepada pihak kecamatan untuk selanjutkan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah terkait pemeliharaannya.

“Dari kecamatan nanti terserah, apa mau dilaporkan dulu ke dinas kebudayaan, atau langsung ke BPCB (Badan Pelestarian Cagar Budaya, red) Jawa Timur. Yang jelas untuk saat ini pihak desa akan membantu merawat,” kata Bendahara Desa setempat Syamsul Arifin.

Kini ketiga patung kuno tersebut disimpan oleh pemerintah desa setempat. Selanjutnya akan ditindaklanjuti pada Pemkab Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES