Ekonomi

Tokopedia Dukung Sleep Buddy Sulap Limbah Kain Jadi Produk Tekstil Eksklusif 

Senin, 15 November 2021 - 17:33 | 56.32k
Founder Sleep Buddy Indah Catur Agustin (kiri) menunjukkan produk throw blanket eksklusif, Senin (15/11/2021). (Tangkapan Layar)
Founder Sleep Buddy Indah Catur Agustin (kiri) menunjukkan produk throw blanket eksklusif, Senin (15/11/2021). (Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Produsen home textile Sleep Buddy mendapat dukungan penuh dari market place Tokopedia untuk memasarkan produk inovatif ramah lingkungan dari limbah industri tekstil. 

Selama ini limbah industri tekstile menjadi salah satu penyumbang sampah yang cukup tinggi di Indonesia. Limbah yang dimaksud yakni berupa potongan-potongan kain yang tidak  memenuhi standart kualitas atau sisa kain setelah digunakan dalam produksi. 

Di Indonesia sendiri tak banyak dari pelaku industri tekstile yang memanfaatkan sisa kain menjadi barang yang berguna dan akhirnya berakhir menjadi limbah yang tentunya akan mencemari lingkungan. 

Founder Sleep Buddy Indah Catur Agustin mengatakan, langkah ini merupakan cara untuk mengedukasi konsumen agar lebih peduli lingkungan dengan sebuah terobosan terbaru.

Sleep Buddy 2

Memanfaatkan limbah kain yang tersisa dari proses produksi pembuatan sprei atau selimut, Sleep Buddy membuat alternatif material baru dengan mendaur ulang potongan-potongan kain sisa produksi untuk dimanfaatkan kembali menjadi produk-produk dengan kualitas tinggi dan unik seperti, Cushion, Table Runner dan Throw Blanket yang semuanya berbahan dari sisa kain yang tak terpakai. Langkah ini agar bumi tidak tertumpuk oleh limbah kain setiap harinya. Dan tentunya memberikan kesempatan bagi kain yang tak terpakai agar bermanfaat kembali.

Indah menjelaskan, Sleep Buddy saat ini memang tengah concern dengan lingkungan tidak hanya berfokus pada produksi namun juga peduli dengan limbah yang dihasilkan. Berbahan dasar dari potongan-potongan kain dari sisa produksi untuk diolah kembali menjadi produk baru yang tetap berkualitas dan unik. 

"Sleep Buddy ingin memberikan kesempatan bagi setiap helai kain untuk dapat memiliki umur yang lebih panjang," ujarnya, Senin (15/11/2021). 

Tak hanya itu saja. Indah juga berbagi tips mencuci agar kualitas produk bedding recycle ini tetap terjaga.Antara lain saat proses pencucian tak perlu direndam dan cukup kucek tangan. Hindari penggunaan mesin cuci untuk pengeringan. Bilas sampai bersih langsung jemur agar serat kain tetap awet. 

Melalui produk terbaru Sleep Buddy ingin mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan terutama dari limbah kain sisa. Dalam launchingnya Sleep Buddy bekerjasama dengan marketplace Tokopedia yang secara eksklusif menjual produk-produk edisi special berbahan kain daur ulang di antaranya , Cushion, Throw Blanket dan Table Runner yang hanya hadir di Tokopedia dan tidak ada di market place lain.

Sleep Buddy juga menggandeng penyanyi Andien sebagai brand ambassador yang juga dinilai sebagai sosok yang peduli terhadap lingkungan. Kecintaan Andien terhadap bumi Indonesia sama besarnya dengan keinginan Sleep Buddy yang ingin mengajak masyarakat sama-sama mengembalikan rasa kasih sayang terhadap alam yang senantiasa menemani kita dengan segala kekayaan terbaiknya.

Andien mengaku jatuh hati dengan throw blanket Sleep Buddy. Selimut ini merupakan produk spesial karena bahan tenun dan pengerjaan secara manual dengan harga ramah di kantong hanya Rp 360.000 saja.

Sleep Buddy 3

Pemilik Yayasan Setali Indonesia yang bergerak dalam bidang fashion sustainability tersebut sangat antusias saat mengetahui Sleep Buddy mengeluarkan produk recycle. 

"Begitu ada campaign ini aku seneng 100 persen," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Andien juga mengajak publik agar menggunakan produk terutama bedding sheet yang ramah lingkungan. 

Poppy Soraya, Category Development Lead Tokopedia menambahkan, Sleep Buddy merupakan UMKM lokal mitra strategis. Pihaknya siap mendukung pemasaran produk recycle tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES