Politik

Kaderisasinya Bagus, Djarot: Banyak Kepala Daerah dan Menteri dari PDI Perjuangan

Senin, 15 November 2021 - 14:11 | 20.17k
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. (FOTO: PDI Perjuangan for TIMES Indonesia).
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. (FOTO: PDI Perjuangan for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidsyat menjawab kritik publik terhadap partai politik (parpol) yang kerap dianggap tak melaksanakan fungsinya menyiapkan calon pemimpin bangsa, baik di pusat dan daerah. Sebaliknya, Partai Banteng justru menunjukkan bahwa ia berbeda dengan yang lain, karena konsisten melaksanakan kaderisasi dengan cara yang modern. 

Djarot mengatakan kaderisasi berjenjang yang dilakuan PDIP sebagai jawaban atas kritikan terhadap partai politik. “Kita konsisten. Sebelum yang lain, kita telah lebih dulu menggelar sekolah partai cakada dan caleg, kaderisasi berjenjang secara terus menerus,” ujarnya saat acara pengenalan Pendidikan Kader Nasional (PKN) DPP PDI Perjuangan di Lentengagung, Jakarta Selatan, Senin (15/11/2021). 

"PDIP sebagai partai pelopor dikelola secara modern. Pendidikan kader terus menerus dan berkelanjutan. Sebelum pelaksanaan PKN, telah dilakukan sekolah partai calon kepala daerah, ToT guru kader, dan ToT kader tingkat madya," imbuh Djarot. 

Djarot menegaskan PDI Perjuangan menjalankan tiga fungsi utama partai politik yakni rekrutmen, pendidikan/kaderisasi serta penugasan dan penempatan kader.  

"Ini bentuk soliditas partai kita yang sehat. Banyak kepala daerah dan menteri dari internal PDI Perjuangan yang diakui kemimpinannya," ucapnya. 

Kaderisasi yang terus menerus dilakukan PDI Perjuangan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan kader dalam pemahaman ideologi. Sekaligus, kata Djarot, untuk menjawab bagaimana ideologi Pancasila bisa mengantisipasi dan menjawab problem di tingkat nasional dan lokal. 

"Peningkatan kapasitas dalm pemahaman ideologi tidak hanya dihapal tapi bagaimana cara bertindak dalam mengatasi masalah," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Djarot mengatakan kader PDI Perjuangan harus mampu memahami dialektika pemikiran Bung Karno untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa. 

"Bung Karno mengingatkan bahwa bangsa yang bisa memenangkan persaingan adalah yang punya karakter dan jati diri yang kuat. Jadi proses nation and character building secara terus menerus," demikian tutur Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP PDI Perjuangan soal kaderisasi parpol.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES