Pendidikan

Kurangi Stres Hadapi Ujian, SMAN 3 Malang Unjuk Kreasi Ekraf Bernilai Jual

Senin, 15 November 2021 - 14:12 | 87.86k
Salah satu stand pameran seni budaya SMAN 3 Malang yang menampilkan kaos buatan sendiri. (Foto: Kiagus Firdaus/TIMES Indonesia)
Salah satu stand pameran seni budaya SMAN 3 Malang yang menampilkan kaos buatan sendiri. (Foto: Kiagus Firdaus/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menjelang ujian semester, SMAN 3 Malang memiliki cara tersendiri untuk mengurangi stres. Mereka melakukan relaksasi dengan memamerkan hasil karya seni ekonomi kreatif (Ekraf) yang memiliki nilai jual.

"Ini kan mau ujian, jadi anak-anak juga direlaksasi. Mau ujian kan biasanya stress," kata Kepala SMAN 3 Malang Asri Widiapsari, Senin (15/11/2021).

Kegiatan unjuk kreasi stand pameran karya siswa SMAN 3 Malang ini berlangsung sejak Senin (15/11/2021) hingga sepekan ke depan, berakhir pada Jumat (19/11/2021).

SMAN-3-Malang-2.jpg

"Harapannya anak-anak di pelajaran seni tidak hanya menikmati saja tapi harus diekspresikan. Endingnya kita ingin ada produk. Di era sekarang harus ada aspek kewirausahaan," ujarnya.

Kepada TIMES Indonesia, Asri menerangkan ada perbedaan dari pemanfaatan karya seni siswa. Sebelumnya, siswa hanya menggambar karya seni 2 dimensi, kemudian dilihat dan dinilai.

Tahun ini, melalui event unjuk kreasi, guru tidak hanya menilai, tapi memfasilitasi siswa melakukan pameran karya dan memasarkannya sebagai output dari pelajaran kewirausahaan. "Kalau sekarang kan dituangkan ke yang lain. Seperti kaos, tas, dan lainnya. Harapannya bisa bermuara ke kewirausahaan," tambahnya.

SMAN-3-Malang-3.jpg

Pelaksanaan pameran ini berlangsung hybrid karena kondisi masih pandemi Covid-19. Peserta yang berpartisipasi sebanyak 28 kelas. Hasil karya seni Ekraf yang berdaya jual ini, SMAN 3 Malang mendukung siswa berwirausaha.

Kegiatan pameran ekraf oleh SMAN 3 Malang ini merupakan pertama kali dan selanjutnya akan dikembangkan dengan kemasan acara yang lebih menarik lagi. "Tadi ada beberapa guru yang membeli. Ini merangsang anak-anak ternyata produk ini punya daya jual," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES