Peristiwa Internasional

Rusia Akan Luncurkan Checkmate, Pesawat Tempur Ringan dan Canggih

Senin, 15 November 2021 - 04:00 | 66.58k
Rusia membuat pesawat tempur taktis ringan baru, Checkmate paling canggih yang bisa menyerang enam sasaran sekaligus dan mampu terbang dengan kecepatan Mach 1,8.
Rusia membuat pesawat tempur taktis ringan baru, Checkmate paling canggih yang bisa menyerang enam sasaran sekaligus dan mampu terbang dengan kecepatan Mach 1,8.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rusia membuat pesawat tempur taktis ringan baru, Checkmate paling canggih yang bisa menyerang enam sasaran sekaligus dan mampu terbang dengan kecepatan Mach 1,8.

Dilansir TASS, prototype pesawat itu telah dipresentasikan kepada delegasi Uni Emirat Arab pada Dubai Airshow 2021.

Dilaporkan, presentasi itu berlangsung di sebuah paviliun yang dibangun oleh Rostec State Corporation Rusia. Delegasi UEA itu disambut oleh Direktur Jenderal United Aircraft Corporation Rusia, Yuri Slyusar.

United Aircraft Corporation (bagian dari Rostec) menghadirkan pesawat tempur taktis ringan baru bernama Checkmate di pameran kedirgantaraan MAKS 2021. 

Checkmate menggabungkan sistem paling canggih, termasuk konfigurasi arsitektur terbuka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan teknologi kecerdasan buatan yang unik. 

Pesawat tempur bermesin tunggal ini didasarkan pada teknologi siluman dan dilengkapi dengan kompartemen di dalam pesawat untuk persenjataan udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Pesawat tempur ini bisa membawa muatan lebih dari tujuh ton dan akan mampu menyerang hingga enam target sekaligus.

Pesawat ini juga akan mampu terbang dengan kecepatan Mach 1,8 dan memiliki jangkauan operasi 3.000 km. Pesawat tempur baru ini diharapkan akan mengudara pada tahun 2023.

Dubai Airshow 2021 sendiri akan berlangsung di Uni Emirat Arab pada 14-18 November. Rusia juga akan menampilkan sejumlah model baru di pameran tersebut.

Khusus pesawat MC-21-310 (dilengkapi dengan mesin PD-14 Rusia), versi medis dari helikopter Ansat dan tempur Mi-28NE dan Ka-52E akan melakukan penerbangan demonstrasi.

Helikopter tempur Mi-28NE dan Ka-52E ini diperkenalkan kepada publik dunia untuk pertama kalinya.

Eksposisi statis pesawat Rusia akan menampilkan prototipe pesawat tempur taktis ringan Checkmate dan helikopter Ka-226T dan Mi-171A2. Rusia juga akan mendemonstrasikan drone Orion. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES