Wisata

Formula E dan Cara Anies Wujudkan Mimpi Besar Presiden Jokowi

Minggu, 14 November 2021 - 16:34 | 46.10k
DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik Fomula E. (FOTO: Dok. Sindonews)
DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik Fomula E. (FOTO: Dok. Sindonews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjadi tuan rumah balap mobil listrik dan ikut serta dalam kampanye ramah lingkungan level dunia menjadi dua agenda besar yang dibungkus dalam keikutsertaan DKI Jakarta menjadi tuan rumah Formula E.

Bahkan, ajang balap mobil listrik yang akan digelar pada 4 Juni 2022 itu sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengurangi ketergantungan pada energi konvensional dan beralih ke energi baru dan terbarukan (new and renewable energy) yang ramah lingkungan.

"Formula E, karena itu kita bekerja keras mendatangkan Formula E dalam rangka mengkampanyekan kita membutuhkan kendaraan ramah lingkungan, formulanya juga formula elektrik," ucap Guberur DKI Jakarta, Anies Baswedan dikutip, Minggu (14/11/2021).

Melalui even Formula E, Gubernur Anies ingin mengirimkan pesan kepada dunia Internasional soal kemajuan Indonesia. Sehingga, masyarakat dunia tak ragu untuk datang ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor.

Didukung Presiden Jokowi

Di tengah gunjingan segelintir orang pasca DKI Jakarta resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Formula E, Presiden Joko Widodo secara tersirat menyatakan dukungannya kepada Gubernur Anies. Bahkan, Presiden sempat menantang Vice Champion LMP2 FIA WEC 2021 Sean Gelael untuk mengikuti balap Formula E di Jakarta. 

Tantangan dari Presiden Jokowi itu diungkap Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo usai keduanya menjajal sekaligus meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat hari ini, Jumat, 12 November 2021.

"Pak Presiden Jokowi menantang Sean Gelael agar bisa berlaga di ajang balap Formula E di Jakarta tahun depan," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

Ketua MPR RI ini berharap, agar Sean Gelael dapat memenuhi tantangan Presiden Jokowi untuk berlaga dalam ajang Formula E tahun depan. "Sekaligus supaya Sean Gelael bisa menjadi local hero di ajang balap dunia FIA Formula E di mana kota Jakarta akan menjadi tuan rumah pada 4 Juni 2022," harap Bamsoet.

Impian Besar Presiden Jokowi

Belum lama ini, Presiden Jokowi sempat megungkap impiannya untuk membawa Indonesia menjadi tuan rumah balapan internasional. Dua target dari presiden itu adalah ajanh balap mobil listrik, Formula E di Jakarta dan MotoGP Mandalika. 

"Reputasi Indonesia di dunia otomotif menunjukkan kesiapan kita menjadi tuan rumah penyelenggara otomotif. (Reputasi tersebut) termasuk kesiapan MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta dan event lainnya," ucap Presiden dikutip dari CNN Indonesia.

Untuk merealisasikan impian besar Presiden Jokowi untuk membawa Indonesia tuan rumah balapan internasional ini, Menteri BUMN, Erick Thohir siap mendukung perhelatan Formula E di Jakarta.

"Jadi tentu selama (ada) penugasan dari bapak presiden (kami akan melaksanakan) karena ingat visi cuma dimiliki bapak presiden, kami pembantu yah kami jalankan," ucap Erick Thohir di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu,13 November 2021 malam.

Erick berkata, sejauh ini pihaknya baru mendapatkan penugasan untuk mendukung ajang balap MotoGP di Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sementara untuk perhelatan Formula E di DKI Jakarta, belum ada pembahasan lebih lanjut.

Di sisi lain, Erick juga belum membahas secara serius terkait Formula E dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sekalipun pemerintah daerah sempat menyampaikan, bakal membuka diri kepada badan usaha demi mendukung ajang balap mobil listrik tersebut di Ibu Kota. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES