Kesehatan

Tropicana Slim Dukung Diabetesi di Masa Pandemi melalui #Hands4Diabetes2021 Online Festival

Jumat, 12 November 2021 - 21:03 | 61.32k
Tommy Putro Wibowo selaku host #Hands4Diabetes2021 Online Festival bersama dr. Martha Rosana, SpPD. (Foto: Youtube Tropicana Slim)
Tommy Putro Wibowo selaku host #Hands4Diabetes2021 Online Festival bersama dr. Martha Rosana, SpPD. (Foto: Youtube Tropicana Slim)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka memperingati World Diabetes Day 2021 yang diperingati tanggal 14 November 2021 mendatang, Tropicana Slim kembali menggelar #Hands4Diabetes2021 Online Festival dengan misi mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli untuk mencegah dan melawan diabetes, khususnya di masa pandemi saat ini.

Diadakan secara virtual pada 12-14 November 2021, #Hands4Diabetes2021 Online Festival mengangkat tema "Dukung Diabetesi di Masa Pandemi" dan terdiri dari serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif, mulai dari sesi edukasi Meet the Doctor bersama dr. Martha Rosana, SpPD, sesi sharing dan testimonial bersama komunitas Sobat Diabet, serta kegiatan senam online serentak nasional di 52 kota se-Indonesia.

Tropicana Slim juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menunjukkan solidaritas kepada diabetesi dengan melakukan posting smiling hand di Instagram & TikTok dengan hashtag #Hands4Diabetes2021 sebagai petisi dukungan terhadap diabetesi. Untuk setiap post, Tropicana Slim akan berdonasi kepada Komunitas Sobat Diabet guna disalurkan dalam berbagai program dan inisiatif Sobat Diabet yang mendukung usaha pencegahan dan penanganan diabetes di Indonesia.

Brand Manager Tropicana Slim, Noviana Halim mengatakan, selama hampir 50 tahun hadir dan konsisten menginspirasi masyarakat Indonesia untuk hidup sehat melalui serangkaian produk bercita rasa tinggi. Tropicana Slim percaya bahwa menjaga pola hidup sehat merupakan cara terbaik untuk mencegah dan melawan diabetes, khususnya di masa pandemi ini.

Tommy Putro Wibowo b

“Pandemi membuat masyarakat, termasuk para diabetesi, semakin terbatas mobilitasnya untuk melakukan pemeriksaan rutin dan mendapatkan layanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan mengingat tingginya risiko terpapar Covid-19. Apalagi mempertimbangkan fakta bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit penyerta atau komorbid yang dapat meningkatkan risiko keparahan jika terinfeksi virus Covid-19. Oleh karena itu, diabetesi perlu lebih sadar akan pentingnya manajemen diabetes secara mandiri secara tepat dari rumah,“ ucap Noviana, Jumat (12/11/2021).

Noviana mengajak keluarga Indonesia sebagai support system utama dalam menunjukkan kepedulian dan dukungan mereka terhadap anggota keluarga mereka yang diabetes. Edukasi self-management menjadi faktor yang penting, untuk memastikan manajemen diabetes yang dilakukan sudah tepat, termasuk mengurangi asupan gula, memilih asupan nutrisi yang lebih sehat, dan beraktivitas fisik untuk mendukung kualitas hidup para diabetesi.

Senada dengan Noviana, dr. Martha Rosana, SpPD selaku Staff Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI mengatakan keterbatasan yang timbul selama masa pandemi ini membuat peran dan kemampuan diabetesi dalam self-management kondisi diabetes menjadi sangat penting. Untuk itu, diabetesi perlu sebisa mungkin mencari akses terhadap informasi terpercaya untuk menambah pengetahuan mengenai self-management. Penelitian dari World Health Organization menunjukkan bagaimana edukasi self-management dapat bermanfaat untuk memperbaiki kontrol glikemik pada diabetesi.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kampanye #Hands4Diabetes2021 dari Tropicana Slim yang melibatkan RSCM-FKUI dalam membantu mengedukasi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang terpercaya terkait manajemen diabetes secara mandiri,” kata dr. Martha.

“Manajemen diabetes dapat meliputi beberapa poin penting, dimana hal ini tentunya penting dilakukan termasuk pada masa pandemi ini, di antaranya pengaturan pola makan yang sehat, rutin beraktivitas fisik, konsumsi obat dan penggunaan insulin sesuai anjuran dokter, rutin memeriksa kadar gula darah dan kondisi kaki, serta menjaga kesehatan emosi. Selain itu, self-management pada diabetesi tentunya tetap memerlukan bantuan dan dukungan dari tenaga kesehatan. Untuk itu, diabetesi disarankan untuk menghubungi dokter atau tenaga kesehatan dengan layanan telemedicine apabila memiliki kekhawatiran terhadap kondisi mereka atau mengalami gangguan kesehatan tertentu,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pendiri Komunitas Sobat Diabet, dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, mengungkapkan, dukungan lingkungan sangat berpengaruh bagi pemulihan kondisi para diabetesi. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan diabetesi dalam menjalankan pola hidup sehat adalah dukungan sosial, baik dari keluarga dan orang terdekat.

“Dukungan sosial dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi stress, meningkatkan tingkat kesadaran diri, serta mendukung perubahan gaya hidup yang kurang sehat. Selain itu, kondisi keluarga yang hangat, bersifat menerima, dan akrab juga membantu diabetesi lebih semangat dalam menjaga kesehatan mereka,“ ungkap Rudy.

Untuk memberikan kemudahan bagi diabetesi dan keluarganya dalam mendapatkan pilihan produk bebas gula, bebas/rendah lemak, serta bercita rasa tinggi untuk mendukung gaya hidup sehat keluarga Indonesia, Tropicana Slim bekerja sama dengan Lazada selaku strategic partner e-commerce memberikan penawaran khusus bagi keluarga Indonesia selama bulan November 2021 ini. Kunjungi NutriMart, official store Tropicana Slim di aplikasi Lazada dengan harga spesial untuk mendapatkan rangkaian produk Tropicana Slim.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES