Otomotif

Tepis Unboxing Ducati Ilegal, MGPA Sebut Bagian dari Custom Clearance

Jumat, 12 November 2021 - 11:37 | 44.28k
Petugas Bea Cukai Mataram memeriksa kedatangan logistik  di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid sebagai persiapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike di Pertamina Mandalika Internasional Sirkuit (Foto: Instagram beacukaimataram)
Petugas Bea Cukai Mataram memeriksa kedatangan logistik di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid sebagai persiapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike di Pertamina Mandalika Internasional Sirkuit (Foto: Instagram beacukaimataram)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMandalika Grand Prix Association (MGPA) menepis kabar bahwa pembukaan peti kargo Ducati yang merupakan unboxing ilegal. Hal itu merupakan bagian dari custom clearance yang merupakan bagian dari prosedur bea cukai terkait aktivitas masuknya barang ke Indonesia jelang  World Superbike Championship (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Hanya saja yang jadi persoalan adalah adanya oknum yang tidak berkepentingan mengambil gambar proses tersebut. Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA  Happy Harinto pada Kamis, 11 November 2021 menjelaskan, bahwa segala barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia mesti melewati proses pengecekan sebelum diizinkan untuk dipakai.

"Saat pemeriksaan dilakukan, peti box motor dibuka oleh forwarder disaksikan oleh pihak Dorna dan custom clearance," kata Happy.

Menurutnya, semua sudah dilakukan sesuai prosedur. Barang yang akan dicek dibuka oleh pemiliknya atau forearder yang mengurus impor dan ekspor barang sepengetahuan dan disetujui oleh pemiliknya yaitu Dorna.

Petugas Bea Cukai Mataram a

"Sangat disayangkan di saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan mem-viralkan dengan isi berita yang tidak sesuai," Happy.

Happy juga menegaskan, bahwa oknum tersebut bukanlah bagian dari pihak yang terkait dengan MGPA. "Saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur," kata dia.

"Ini event yang sangat penting, yang membawa nama negara ke dunia, karenanya kami berusaha tertib dalam melaksanakannya," kata Happy.

Sementara itu, masih berdasarkan rilis MGPA, Executive director Dorna World Superbike Championship, Gregorio Lavilla, memahami insiden yang sempat ramai di dunia maya tersebut. Menurutnya, itu terjadi karena antusiasme yang begitu tinggi untuk menyambut WSBK di Mandalika. Sebelumnya, informasi yang beredar di dunia maya, tersebar sebuah video yang memperlihatkan salah seorang yang dinarasikan sedang membuka kargo sepeda motor Ducati di Sirkuit Mandalika. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES