Politik

Xi Jinping Ajak Negara Asia-Pasifik Habis-habisan Perangi Covid-19

Kamis, 11 November 2021 - 19:35 | 27.33k
Presiden China, Xi Jinping menyampaikan pidato utama pada KTT CEO Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) melalui video yang direkam sebelumnya, di Beijing, ibu kota Tiongkok, 11 November 2021. (Foto: Global Times/Xinhua)
Presiden China, Xi Jinping menyampaikan pidato utama pada KTT CEO Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) melalui video yang direkam sebelumnya, di Beijing, ibu kota Tiongkok, 11 November 2021. (Foto: Global Times/Xinhua)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden China, Xi Jinping mengajak komunitas Asia-Pasifik habis-habisan memerangi Covid-19. Ajakan itu disampaikan Xi Jinping, Kamis (11/11/2021) dalam pidato utamanya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di CEO APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) melalui video yang direkam sebelumnya.

Dilansir Global Times, Xi menyerukan kerja sama di berbagai bidang seperti metode pengujian, pengobatan pengobatan dan penelitian, pengembangan, produksi dan saling pengakuan vaksin untuk benar-benar menciptakan sinergi melawan Covid-19. 

"Kita harus menerjemahkan konsensus bahwa vaksin adalah barang publik global ke dalam tindakan nyata. Memastikan distribusi yang adil dan merata serta aksesibilitas dan keterjangkauannya di negara berkembang, sehingga bisa menutup kesenjangan imunisasi," katanya. 

Dengan latar belakang meningkatnya proteksionisme seiring dengan serangan pandemi, Xi mendorong negara-negara anggota APEC untuk mengadopsi mentalitas berpandangan luas dan berwawasan ke depan.

"Upaya untuk menarik garis ideologis atau membentuk lingkaran kecil dengan alasan geopolitik, pasti akan gagal. Kawasan Asia-Pasifik tidak dapat dan tidak boleh kembali ke konfrontasi dan perpecahan era Perang Dingin," katanya dalam pidato tersebut. Ia menegaskan keterbukaan dan kerjasama harus dijunjung tinggi. 

Selain mengajak perangi Covid-19 habis-habisan, Presiden China, Xi Jinping juga menegaskan kembali janji negara tentang transisi hijau dan kebijakan keterbukaan dalam upaya mencapai netralitas karbon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES