Peristiwa Internasional

Giliran SpaceX Falcon 9, Meluncur ke ISS Rabu Malam

Kamis, 11 November 2021 - 17:17 | 47.69k
Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Stasiun Luar Angkasa Kennedy NASA di Florida dalam misi Crew-3 pada 10 November 2021. (FOTO: Space.com/NASA)
Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Stasiun Luar Angkasa Kennedy NASA di Florida dalam misi Crew-3 pada 10 November 2021. (FOTO: Space.com/NASA)

TIMESINDONESIA, JAKARTASpaceX baru saja meluncurkan misi astronot keempatnya untuk NASA sebagai bagian dari program kru komersial agensi. 

Sebuah roket Falcon 9 yang sedikit jelaga di atasnya dengan kapsul Crew Dragon mengudara di atas Kennedy Space Center NASA, Rabu (10/11/2021) malam pukul 21.03 (0200 November 11 GMT), yang lepas landas dari Pad 39A yang bersejarah. 

Peluncuran tersebut memulai misi Crew-3 SpaceX, yang membawa empat astronot, Raja Chari dari NASA, Tom Marshburn dan Kayla Barron, bersama dengan Matthias Maurer dari Badan Antariksa Eropa. Mereka akan menempuh perjalanan selama 22 jam untuk mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

"Terima kasih untuk perjalanan yang luar biasa, itu lebih baik dari yang kami bayangkan," kata Chari, yang menjadi Komandan dalam misi Crew-3 ini kepada kontrol misi NASA setelah kru tiba dengan selamat di orbit.

Roket SpaceX 2Para astronot SpaceX Crew-3 terlihat di dalam Crew Dragon Endurance mereka sebelum peluncuran dari Kennedy Space Center Pad 39A NASA pada 10 November 2021. (FOTO: Space.com/NASA TV)

Setelah serangkaian penundaan terkait cuaca, hitungan mundur peluncuran Crew-3 berjalan dengan lancar, dengan kru obral menyelesaikan kebocoran kritis dan pemeriksaan komunikasi lebih cepat dari jadwal. Para kru tampak santai dan siap beraksi saat menit-menit berlalu. 

"Peluncuran yang sangat indah," kata administrator asosiasi NASA, Bob Cabana selama siaran langsung seperti dilansir Space.com. "Itu adalah pengalaman hebat lainnya melihat keempatnya lepas landas ke luar angkasa malam ini," tambahnya.

Begitu mesin tahap pertama Falcon 9 menyala, roket itu menampilkan pertunjukan yang menakjubkan saat cahaya dari mesin menerangi langit malam. "Kadang-kadang ketika Anda mencoba untuk terbang pada Halloween, Anda mendapatkan trik, bukan hadiah," kata Chari kepada pengendali penerbangan SpaceX sebelum lepas landas.

"Kami merasa terhormat untuk menerbangkan Endurance pada Hari Veteran dan kami bangga mewakili tim SpaceX dan NASA saat kami tinggal dan bekerja di ISS selama enam bulan ke depan," katanya lagi.

Peluncuran Crew-3 menandai peluncuran ke-25 tahun ini di Florida dan yang ke-24 tahun ini untuk SpaceX. Sementara roket itu adalah salah satu penerbang veteran SpaceX, yang diluncurkan pada misi keduanya, kapsul Dragon Crew benar-benar baru. 

Cuaca buruk di sepanjang jalur penerbangan roket membuat peluncuran SpaceX mundur beberapa hari. Itu ditunda lebih lanjut oleh cuaca buruk yang terus berlanjut dan masalah medis kecil dengan salah satu astronotnya. NASA tidak merinci masalah ini karena alasan privasi astronot. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES