Kuliner

Degan Bakar Rempah Sukoharjo, Jadi Primadona Selama Pandemi Covid-19

Kamis, 11 November 2021 - 14:34 | 70.95k
Degan bakar rempah dipercaya memiliki aneka khasiat. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)
Degan bakar rempah dipercaya memiliki aneka khasiat. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pandemi Covid-19 yang melanda sejak dua tahun silam malah menjadi berkah bagi sekelompok anak muda. Jualan degan bakar rempah , justru menghantar pada kesuksesan. Dalam semalam, ratusan butir kelapa ludes terjual. Terlebih lagi saat musim pancaroba seperti saat ini.

Warung sederhana degan bakar itu ada di jalan raya Lumajang, Sukoharjo, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Pengelolanya adalah Wahyu bersaudara yang masih muda. Buka mulai sore selepas maghrib, sampai jam 12 malam saja.

Bukan sembarang minuman, melainkan ramuan degan bakar yang hangat dan sangat baik untuk kesehatan badan. Ramuan ini berasal dari degan atau kelapa muda yang dibakar dalam sebuah tong atau drum. Setelah proses pembakarannya dirasa cukup, barulah degan diangkat lalu dikupas untuk diambil airnya.

Degan bakar rempah 2Menikmati degan bakar hangat menjadi primadona selama pandemi covid19 dan musim pancaroba. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)

Degan bakar kemudian dibelah jadi dua, agar mudah diserut dagingnya. Tak jarang, batok degan bakar ini juga dipakai untuk wadah dalam proses penyajiannya.

“Semalam bisa habis sekitar 100 butir kelapa muda. Waktu ramai Covid-19 itu malah lebih. Sekitar 150 butir lebih. Sampai-sampai harus membuat nomor antrean, saking banyaknya pelanggan,” kata Wahyu, Kamis (11/11/2021).

Pemanfaatan ramuan rempah-rempah warisan orang tua, menjadi jurus andalan. Seperti jahe, keningar dan kapulogo. Ada kalanya, ramuan rempah-rempah ini juga dicampur dengan kuning telor dan juga susu untuk menambah rasa.

Usaha yang dirintis Wahyu bersama keempat saudaranya ini bermula ketika pandemi Covid-19 melanda. Mereka kemudian membuka warung sederhana yang menawarkan degan bakar yang memiliki khasiat bisa meningkatkan stamina.

Di luar dugaan, hasil penjualan degan bakar meraih untung yang menggiurkan. Bukan hanya pada masa pandemi Covid-19, tetapi juga ketika musim penghujan seperti saat ini.

Sejumlah pembeli mengaku degan bakar hasil anak-anak muda ini berbeda dengan minuman sejenisnya. Selain hangat, rasa rempah-rempah juga sangat terasa sehingga baik untuk kesehatan dan stamina badan.

Menikmati hangatnya degan bakar ini sangat tepat bila diminum bersama keluarga dan orang-orang tercinta. “Sering juga ke sini. Capek-capek, badan pegal, hilang setelah minum. Bahkan hidung mampet atau badan meriang, setelah minum ini, tidurnya lelap dan keesokan harinya hilang itu gejala. Biasanya sih saya bungkus,” ujar salah satu penikmat degan bakar, Indah.

Satu porsi degan bakar ini hanya dijual dengan harga 13 ribu rupiah, hingga 16 ribu rupiah. Tergantung racikan ramuan dan juga jenis degan yang disuguhkan. Seperti jumlah telor yang ditambahkan dan juga degan ijo yang harganya bisa lebih mahal. Tentu, harganya sudah sebanding dengan khasiat dan manfaat yang bakal dirasakan setelah meminumnya.

Degan bakar rempah 3Sebutir degan bakar rempah cukup terjangkau. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)

Rudiulhaq, penikmat degan bakar yang lain menyebut, dirinya sempat mengalami anosmia atau hilang penciuman sementara, sekitar medio juli 2021 lalu. Rekan kerjanya, menyarankan untuk terapi degan bakar.

“Memang benar, sekitar sepekan mencoba, setiap hari saya rutin minum, anosmia hilang. Berikut keluhan lainnya, seperti flu dan meriang,” tuturnya.

Hingga saat ini, setiap malam, warung degan bakar milik Wahyu, selalu ramai pengunjung. Baik minum di tempat, maupun dibungkus untuk dinikmati di rumah.

Bagi anda yang berasal dari luar kota dan ingin menikmati degan bakar rempah ini pun cukup mudah. Dari arah Surabaya, turun di pintu tol timur leces, lalu belok kanan ke arah utara. Menuju jalan raya KH Hasan Genggong, tepatnya sebelah selatan Indomaret Sukoharjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES