Hukum dan Kriminal

Formas Sragen Sebut Ada Pihak yang Sengaja Menjebak AB dan SM

Rabu, 10 November 2021 - 19:40 | 14.99k
Ketua Formas Baru, Sugito (Baju Hitam) didampingi Sekertaris Formas, Kristanto saat konfrensi pers. (foto: Mukhtarul Hafidh/ TIMES Indonesia)
Ketua Formas Baru, Sugito (Baju Hitam) didampingi Sekertaris Formas, Kristanto saat konfrensi pers. (foto: Mukhtarul Hafidh/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SRAGEN – Menindaklanjuti penetapan tersangka AB dan SM Lembaga Forum Masyarakat Sragen (Formas) mengaku memiliki data-data lengkap soal dugaan pemerasan yang menjerat rekannya saat ini.

Ketua Formas yang baru saja ditunjuk yakni Sugito, menggantikan AB yang telah dinonaktifkan sebagai ketua Formas. Sugito mengatakan bahwa AB dan SM murni bukan OTT namun ada pihak yang secara sengaja melakukan settingan.

"OTT itu tidak serta merta digeneralisasi bahwa Formas melakukan kejahatan lewat AB dan SM. Perjuangan Formas itu sudah teruji selama 20 tahun. Sudah banyak pihak yang paham siapa Formas. Kalau ada anggota yang terlibat itu kami jelaskan dengan gentlement. Kami menduga ada agenda setting yang kemudian merugikan Formas,” katanya.

Dikatakan Sekertaris LSM Formas, Kristanto, pertemuan antara AB dan SM dengan Kades Kecik, Kecamatan Tanon, di hari penangkapan oleh Tim Saber Pungli Sragen pada Senin (8/11/2021) bukanlah pertemuan yang pertama kalinya.

“Pertemuan pada Senin lalu di rumah makan di Sragen Tengah itu merupakan pertemuan kali ketiga. Dan kami meyakini kasus OTT itu tidak murni dugaan pemerasan. Tetapi disinyalir lebih ke arah dugaan penyuapan dengan setting dan desain beberapa pihak tertentu. Kami sebenarnya ingin mengunjungi AB dan SM, tetapi belum dibolehkan,” ujarnya.

Dijelaskan Kristanto, saat ini Formas fokus melakukan pembelaan terhadap AB dan SM yang tengah menghadapi permasalahan hukum. Formas akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan terhadap AB dan SM dan menyiapkan penjaminnya. Para penjaminnya, terang dia, dari internal Formas sendiri yang nanti akan dibahas secara khusus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES