Wisata

Tingkatkan Sinergi Desa Wisata Lombok Barat Melalui Pokdarwis Camp 2021

Rabu, 10 November 2021 - 19:25 | 41.43k
Suasana kegiatan Pokdarwis Camp 2021 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Lombok Barat. (FOTO: Dispar Lombok Barat)
Suasana kegiatan Pokdarwis Camp 2021 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Lombok Barat. (FOTO: Dispar Lombok Barat)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Sebanyak 76 orang peserta dari 25 desa wisata di Lombok Barat berkumpul dalam kegiatan Pokdarwis Camp 2021 yang digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Barat, pada 9 - 10 November 2021.

Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Napak Tilas, Desa Lembar Selatan itu bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi pentahelix kepariwisataan antar desa wisata di Lombok Barat, Provinsi NTB.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam mengatakan bahwa Pokdarwis Camp 2021 ini merupakan tindak lanjut dari seluruh kegiatan-kegiatan pelatihan dan capacity building untuk para pokdarwis setahun terakhir ini.

Pokdarwis Camp 2021 aAntusiasme para peserta dari 25 desa wisata dalam mengikuti acara Pokdarwis Camp 2021.(FOTO: Dispar Lombok Barat)

"Pokdarwis Camp 2021 adalah yang pertama kali kita lakakukan semenjak Dispar Lobar ada, dan tujuan lainnya asalah sebagai ajang silaturrahim dan menyatukan visi-misi untuk membangun kapariwisataan di Lombok Barat," ujar Akhkam, Rabu (10/11/2021).

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata Dinas Pariwisata Lombok Barat Erwin Rachman mengatakan bahwa kegiatan Pokdarwis Camp ini bertujuan untuk memberikan modal lebih bagi para pokdarwis dalam usaha memajukan desa wisata dan pariwisata di Lombok Barat secara keseluruhan.

Kehadiran para pokdarwis dalam kegiatan ini disebutkan Erwin bukan untuk berkompetisi, melainkan untuk berbagi informasi hingga kiat-kiat mengembangkan wisata di desa masing-masing.

Pokdarwis Camp 2021 bLomba Layang-layang ikut memeriahkan kegiatan Pokdarwis Camp 2021.(FOTO: Dispar Lombok Barat)

"Walaupun kegiatannya juga banyak berupa lomba, tapi tujuan sebenarnya adalah memberikan motivasi dan semangat berbagi ilmu diantara para peserta," tuturnya.

Kegiatan Pokdarwis Camp 2021 yang berlangsung selama dua hari ini diwarnai dengan sejumlah kegiatan seperti lomba layang-layang, lomba renang, lomba membuat ekobrick, cleanup pantai, malam keakraban, diskusi seputar pariwisata, hingga sejumlah game menarik yang sudah dirancang untuk mempererat hubungan antar desa wisata sehingga memunculkan misi bersama dalam membangun pariwisata di Lombok Barat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES