Peristiwa Internasional

China dan AS Menuju Perbaikan Hubungan, Bersedia Kerjasama dengan Syarat

Rabu, 10 November 2021 - 16:22 | 28.21k
Presiden China Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Joe Biden saat masih menjadi Wakil Presiden AS (4/12/2020). (FOTO : AP)
Presiden China Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Joe Biden saat masih menjadi Wakil Presiden AS (4/12/2020). (FOTO : AP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang pertemuan virtual dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Presiden China Xi Jinping mengatakan negaranya bersedia bekerjasama dengan AS dengan syarat saling menghormati untuk mengelola perbedaan dengan baik.

China biasa menggunakan istilah 'saling menghormati' dalam menyerukan komunikasi yang lebih baik dengan Amerika Serikat. Secara keseluruhan, komentar Xi nadanya tegas tapi tenang daripada beberapa pernyataan lebih keras yang dibuat pejabat China dalam beberapa bulan terakhir.

"Saat ini, hubungan China-AS berada pada titik sejarah yang kritis," kata Xi, menurut surat yang ditujukan kepada Komite Nasional Hubungan AS-China, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di New York.

"Kedua negara akan mendapatkan keuntungan dari kerja sama dan kalah dari konfrontasi," kata Xi dalam surat itu. "Kerja sama adalah satu-satunya pilihan yang tepat".

Surat itu dibacakan oleh Duta Besar China untuk Amerika Serikat, Qin Gang. Qin Gang membacakan surat itu dalam bahasa Inggris kepada para peserta gala tahunan komite, yang disiarkan langsung, Rabu pagi waktu Beijing.

Reuter juga telah melansir, Biden dan Xi rencananya akan mengadakan pertemuan secara virtual minggu depan, beberapa jam sebelum pembacaan surat itu, seperti dikutip dari sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Awal Oktober lalu, CNBC juga memberitakan kedua pemimpin itu berencana mengadakan pertemuan semacam itu sebelum akhir tahun.

"Mengikuti prinsip-prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai dan kerja sama yang saling menguntungkan, China siap bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk meningkatkan pertukaran dan kerja sama di seluruh bidang," menurut surat itu.

Itu dibacakan dalam bahasa Inggris oleh duta besar China untuk AS, Qin Gang, selama gala tahunan Komite Nasional Hubungan AS-China. Acara tersebut disiarkan langsung Rabu pagi waktu Beijing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES