Otomotif

Bus Listrik Mercedes-Benz Bakal Hadir di Indonesia

Selasa, 09 November 2021 - 15:39 | 68.80k
Bus Listrik Mercedes-Benz. (Foto: Daimler)
Bus Listrik Mercedes-Benz. (Foto: Daimler)

TIMESINDONESIA, JAKARTADaimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) akan memboyong bus listrik Mercedes-Benz ke Indonesia. Hal ini menjadi rensca jangka panjang menghadirkan kendaraan listrik publik.

"Untuk Indonesia sendiri kami ada rencana (menghadirkan bus listrik), tetapi memang perencanaan kami untuk jangka panjang, dalam arti kata hulu ke hilir," ujar Head of Products & Marketing PT DCVI Faustina dalam acara virtual, Selasa (9/11/2021).

Faustina menyebut terdapat beberapa hal yang masih harus dipersiapkan secara matang, salah satunya infrastruktur, mengingat kendaraan listrik memerlukan stasiun pengisian ulang daya baterai.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga perlu melakukan riset terkait penggunaan air conditioner (AC) di bus listrik nantinya, mengingat Indonesia berada di wilayah beriklim tropis.

"AC atau air conditioner itu kan harus selalu dinyalakan untuk keadaan Indonesia yang cukup tropis atau untuk 30 derajat Celsius ke atas. Itu juga salah satu hal yang menjadi titik penting kami bagaimana untuk adjust AC untuk negara tropis," ujar dia.

Untuk itu, Faustina mengatakan DCVI akan memastikan kesiapan dari berbagai hal tersebut sebelum benar-benar menghadirkan bus listrik ke Indonesia.

"Jadi dari hulu ke hilir ini sedang kami persiapkan dan memang kami sangat mendukung program ini sebagai salah satu alternatif kendaraan yang berbasis listrik atau di luar dari pemakaian solar," pungkas dia.

Seperti yang diketahui,  Daimler global telah mempunyai lini bus listrik, di antaranya Mercedes Benz eCitaro yang hadir sebagai bus perkotaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES