News Commerce

Pengusaha Iwan Sunito Gandeng SharedListing Bidik Penjualan Properti di Indonesia

Selasa, 09 November 2021 - 13:39 | 27.61k
Logo SharedListing. (FOTO: Dok. One Global Capital Future Fund)
Logo SharedListing. (FOTO: Dok. One Global Capital Future Fund)

TIMESINDONESIA, SURABAYAIwan Sunito, melalui One Global Capital Future Fund miliknya mengumumkan kolaborasi dengan SharedListing melalui peluncuran platform digital SharedListing sebagai rujukan agen properti di Indonesia. 

Iwan Sunito adalah CEO dan pendiri Crown Group dan anggota dari Dewan Diaspora Indonesia Global.

Juru Bicara OGCFF, Tyas Sudaryomo, mengatakan, kolaborasi dan rujukan di antara agen properti adalah gambaran besar dari cara jual beli properti di Indonesia. 

Agen properti di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke dapat terhubung, membagikan daftar listing mereka, dan mengundang agen lain untuk merujuk pembeli dengan memberikan biaya rujukan.

“Covid-19 telah menciptakan tantangan tambahan bagi para agen properti, sulit untuk bertemu dengan vendor dan calon pembeli, sulit bagi agen dan calon pembeli untuk melakukan kegiatan open house. Untuk membantu mengatasi tantangan tersebut, SharedListing dapat berkontribusi pada proses pemulihan sektor properti di Indonesia pasca pandemi Covid-19," ujar Tyas, Selasa (9/11/2021). 

Sementara itu menurut Iwan Sunito, Platform SharedListing akan membawa inovasi nyata kepada sektor properti Indonesia.

"Seiring meluasnya jaringan SharedListing ke pasar properti global utama lainnya, saya pikir juga akan membantu membuka pasar properti Indonesia bagi investor asing, Jalur Sutra Digital untuk properti Indonesia. Ini adalah hal-hal yang membuat saya bersemangat," ujarnya. 

Iwan mengaku selama ini telah mengikuti perkembangan platform SharedListing di Australia selama awal pandemi. Kemudian ia menentukan langkah penting berikutnya yaitu mengidentifikasi pasar yang tepat untuknya. 

Co-Founder SharedListing Howard Barkhan turut menambahkan, pihaknya gencar mencari pasar yang besar, pasar dengan volume penjualan properti signifikan dan tingkat adopsi teknologi baru yang tinggi.

"Dan yang terpenting, terdapat praktik rujukan yang sudah ada,” kata Howard Barkhan. 

“Setelah kami terhubung dengan Iwan Sunito dan dia menyarankan Indonesia, dan semua akhirnya saling terhubung. Ketika kami memulai uji tuntas pasar kami, menjadi jelas bahwa Indonesia sangat bergantung pada rujukan. Perkiraan kami adalah bahwa setidaknya 60% dari penjualan properti melibatkan tingkat biaya rujukan yang dibayarkan di antara agen. Kami pikir dengan diluncurkannya SharedListing ke pasar, persentase itu akan meningkat," ujar Howard. 

Ia juga mempelajari, bahwa berdasarkan penelitian, agen-agen Indonesia berusaha mencari solusi teknologi untuk berkolaborasi. Saat ini yang terjadi adalah kombinasi antara surel, SMS, Obrolan WhatsApp, dan kemungkinan CRM agensi yang semuanya memiliki keterbatasan.

Lebih lanjut Howard memaparkan, SharedListing telah dibuat secara khusus untuk tujuan kolaborasi dan rujukan agen itu. Keberadaannya adalah sebagai aplikasi (untuk agen di lapangan) dan melalui portal berbasis web (ditargetkan untuk digunakan oleh administrator yang bekerja dari kantor pusat). 

Dari perspektif agen, daftar dapat dibuat dan dibagikan di platform dalam beberapa menit dari ponsel mereka termasuk dengan gambar yang diambil di kamera ponsel. 

"Ini berarti Anda bisa mendapatkan daftar properti ke ribuan agen, mewakili lebih banyak lagi ribuan pembeli, dalam beberapa menit setelah mendapatkan daftar listing – dan ini semua gratis. Agen bahkan dapat membuat perjanjian rujukan melalui ponseld mereka," jelasnya seraya menyebutkan jika Indonesia menandai dimulainya fase utama pertumbuhan SharedListing. 

"Sebagai langkah selanjutnya, kami pikir masuk akal untuk mengembangkan jaringan SharedListing ke pasar tetangga Malaysia dan Singapura. Ini juga merupakan pasar besar dengan praktik rujukan yang kuat dan ada banyak investasi silang di antara ketiga pasar tersebut,” kata Howard. 

Sebelum diluncurkan ke publik pada November 2021, SharedListing telah melakukan proses keterlibatan dengan banyak agen properti utama Indonesia termasuk RE/MAX Indonesia, Harcourts Indonesia, waralaba utama Ray White seperti Ray White Pakuwon Indah dan Ray White HR Muhammad dan ERA Crown. 

“Kami sangat senang dengan umpan balik dan dukungan yang kami dapatkan,” kata Tyas tentang kolaborasi antara One Global Capital Future Fund milik Iwan Sunito dan SharedListing tersebut.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES