News Commerce

Rangkul Daihatsu, SMK Mugawa Yogyakarta Terapkan Kurikulum Budaya Industri

Minggu, 07 November 2021 - 22:40 | 65.45k
Pembelajaran di bengkel terpadu SMK Mugawa. (Foto-foto: SMK Mugawa for TIMES Indonesia)
Pembelajaran di bengkel terpadu SMK Mugawa. (Foto-foto: SMK Mugawa for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – SMK Muhammadiyah 3 Wates yang lebih dikenal dengan SMK Mugawa Yogyakarta bekerja sama dengan PT Astra Daihatsu Motor melalui program Pintar Bersama Daihatsu (PBD).

Program ini merupakan kerja sama antara sekolah dengan dunia industri. Kerja sama tersebut mencakup bidang hard skill dan soft skill. Bidang hard skill meliputi kurikulum berbasis industri, dimana siswa dibekali keterampilan yang identik dengan dunia industri. Sehingga siswa memiliki gambaran nyata tentang pekerjaan meliputi Basic Technician, Pro Technician, dan Diagnose Technician. Selain itu siswa juga dibekali dengan update pengetahuan teknologi terbaru dalam bidang otomotif. Soft skill menekankan pada aspek sikap kerja.

Siswa dilatih untuk memiliki kebiasaan 5 S, yaitu Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi), Seiso (Resik), Seiketsu (Rawat), dan Shitsuke (Rajin). Siswa dilatih cara mengelola tempat kerja.

Meliputi, menggunakan alat kerja sesuai kebutuhan, menyusun barang sesuai tempatnya, dan membersihkan serta merawat peralatan dan juga lingkungan kerja. Sehingga tercapai tingkat efisiensi dan produktivitas yang tinggi dalam industri. Dengan kebiasaan tersebut siswa terbiasa dengan habit industri di sekolah sebelum masuk ke dunia industri. Hazairin, Master Kurikulum PBD Pusat menyampaikan sekolah harus mempunyai karakter tertentu dan harus berbeda dengan sekolah lainnya.

Hal tersebut sejalan dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang mengusung program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kepala Sekolah SMK Mugawa, Endro Haryadi ST MPd. mengatakan, model pendidikan di SMK harus menitikberatkan pada karakter kerja industri sebagai persiapan menghadapi dunia kerja.

Ketua Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teguh Endriyanto SPd menambahkan, program Pintar Bersama Daihatsu ini diadakan dengan harapan SMK Mugawa mencetak lulusan sesuai kebutuhan industri. Karena dunia pendidikan kejuruan dan industri mempunyai hubungan yang saling menguntungkan. "Kerjasama PBD ini juga mencakup penyerapan lulusan SMK Mugawa untuk bekerja di PT Astra Daihatsu Motor," kata Teguh kepada TIMES Indonesia.

Teguh mengungkapkan, setiap tahun PT Astra Daihatsu Motor membuka kesempatan untuk 3.000 lulusan SMK se-Indonesia untuk bekerja di perusahaan tersebut. Keuntungan bagi SMK Binaan Daihatsu yakni mendapatkan prioritas untuk mengikuti program perekrutan tenaga kerja di bidang manufaktur dan teknisi.

Dandi, salah satu lulusan SMK Mugawa yang bekerja di PT Astra Daihatsu Motor, mengungkapkan kegembiraannya bisa bekerja sesuai cita-citanya. “Belajar di SMK Mugawa dapat mewujudkan cita-cita saya untuk diterima kerja di Daihatsu sebelum dinyatakan lulus dari sekolah.

Saya tidak merasa kesulitan beradaptasi di perusahaan karena apa yang diajarkan sekolah sama dengan pekerjaan di sini," ujar siswa SMK Mugawa Yogyakarta ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES