Gaya Hidup

Yuk Kenali Produk Kosmetikmu, Jangan Sampai Kedaluwarsa

Selasa, 09 November 2021 - 00:21 | 85.76k
Ilustrasi beberapa kosmetik (FOTO: Pinterest)
Ilustrasi beberapa kosmetik (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAProduk kosmetik terus berinovasi setiap harinya. Baik mancanegara maupun lokal, saat ini saling berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk kosmetik yang bisa menarik minat masyarakat.

Untuk kamu yang suka memakai produk kosmetik atau biasa disebut makeup, penting untuk kamu ketahui masa kadaluarsa produk kosmetik yang kamu beli.

Setiap produk kosmetik memiliki masa kadaluarsanya masing-masing, terlebih apabila terdapat PAO (Period After Opening).

PAO sendiri merupakan panduan kadaluarsa suatu produk setelah produk itu dibuka. Oleh karena itu meski di produksi dalam waktu yang bersamaan, namun masa kedaluwarsa dapat berbeda-beda bergantung pada saat kapan produk tersebut pertama kali dibuka.

Lipstick & Lipcream

Produk pewarna bibir memiliki waktu kadaluarsa yang cukup lama. Umunya produk pewarna bibir ini dapat bertahan 1 hingga 2 tahun dari waktu pertama kemasan dibuka. Meski memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama, kamu perlu waspada dan memberhentikan pemakaian apabila lipstick sudah berubah warna, bau, dan tekstur.

Foundation & Concealer

Makeup untuk mengkoreksi pigmentasi di kulit ini umumnya memiliki masa kadaluarsa 12 hingga 18 bulan. Seringkali masa kadaluarsa produk dapat ditentukan apabila terjadi perubahan tekstur seperti mengering, bahkan teroksidasi. Sama halnya seperti produk bibir, Foundation dan Concealer juga bisa berubah bau. Untuk itu penting untuk selalu memperhatikan tekstur produk yang sudah dibuka lama.

Mascara & Eyeliner

Produk kosmetik untuk mata ini umumnya bertekstur cair, meski ada pula varian eyeliner padat. Masa kadaluarsa dari produk ini ialah 3 hingga 6 bulan. Perubahan tekstur seperti menggumpal dan kering menjadi hal umum ketika produk ini kadaluarsa. Memakai mascara dan eyeliner yang sudah kadaluarsa dapat menyebabkan iritasi di bagian mata.

Bedak Padat & Eyeshadow

Setidaknya, produk kosmetik padat memiliki masa kadaluarsa yang lebih lama dari pada yang lainnya. Untuk bedak padat, eyeshadow, maupun blush on padat, rata-rata masa kadaluarsanya ialah 2 tahun sejak pertama kali dibuka. Namun bukan berarti produk ini tidak bisa kadaluarsa lebih cepat. Seringkali produk padat yang mengalami percepatan kadaluarsa akan berjamur dan berbau tidak sedap. Oleh karena itu perlu pengecekan secara berkala.

Produk Tabur

Kosmetik yang memiliki konsistensi bubuk memiliki ketahanan hingga 18 bulan. Perubahan yang terjadi apabila produk mengalami kadaluarsa ialah menimbulkan aroma yang tidak sedap dan berubah warna. Tekstur bubuk yang menggumpal juga menandakan bahwa produk tersebut sudah memasuki masa akhir pemakaian.

Seringkali, produk-produk kosmetik yang masih belum terpakai habis masih dipergunakan. meski terlihat tidak berefek negatif, namun hal ini patut dihindari.

Karena kandungan dalam produk kosmetik sudah terkontaminasi dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya kulit. Komposisi yang terkontaminasi ini bisa menyebabkan iritasi dan gangguan kulit lainnya. Oleh karenanya, pastikan untuk tidak memakai produk kosmetik kedaluwarsa ya! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES