Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Salah, Video Makam Nabi Muhammad SAW

Selasa, 09 November 2021 - 09:31 | 111.72k
Video yang diklaim adalah Makam Nabi Muhammad SAW.
Video yang diklaim adalah Makam Nabi Muhammad SAW.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di YouTube dengan keterangan makam Nabi Muhammad SAW. Video tersebut diunggah di kanal YouTube PREMAN PERAK TV dengan judul Penampakan Makam Nabi Muhammad SAW.

Video yang dipublikasikan pada 22 Agustus 2021 berdurasi 2 menit 50 detik. Video itu memperlihatkan beberapa pria sedang berdoa di depan tempat yang diklaim sebagai makam Nabi Muhammad SAW. 

cek fakta Video Makam Nabi Muhammad 4

Sumber: YouTube (https://www.youtube.com/watch?v=kyZ-HzPVxG4)

Tim Cek Fakta juga menemukan video serupa di YouTube, diunggah kanal Asyifa Adelia Dewantari pada 23 Oktober 2021.

cek fakta Video Makam Nabi Muhammad 5

Sumber: YouTube (https://www.youtube.com/watch?v=bXTXdf9W3V8)

Selain video di YouTube, ada pula video serupa yang berbedar di TikTok, seperti yang diunggah akun @tuanguruharis.

cek fakta Video Makam Nabi Muhammad 6

Sumber: TikTok (https://www.tiktok.com/@tuanguruharis/video/7021498667827858690)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dengan klaim makam Nabi Muhammad SAW, salah.  Kami menelusuri dengan menggunakan mesin pencari. Hasilnya, itu bukan makam Nabi Muhammad SAW.

Dilansir dari afp.com, video yang identik diunggah di kanal Youtube علي الدليمي pada 18 Agustus 2021 dengan judul شاهد فتح ضريح سلطان الأولياء والعارفين سيدنا الباز الاشهب حضرة الشيخ عبد القادر الكيلاني 

Kami menerjemahkan dengan menggunakan Google Translate:
Saksikan peresmian makam Sultan Wali dan Maha Mengetahui, tuan kita Al-Baz Al-Ashhab, Yang Mulia Sheikh Abdul Qadir Al-Kilani

cek fakta Video Makam Nabi MuhammadSumber: شاهد فتح ضريح سلطان الأولياء والعارفين سيدنا الباز الاشهب حضرة الشيخ عبد القادر الكيلاني | YouTube

Masih mengutip dari afp.com, Abdul Qadir Al-Jilani adalah syekh sufi yang meninggal pada tahun 1166 dan dimakamkan di Baghdad, Irak. 

cek fakta Video Makam Nabi Muhammad 2Sumber: Video ini menunjukan makam ulama sufi di Baghdad | AFP

Pemeriksaan atas video serupa juga dilakukan oleh turnbackhoax.id, jaringan tim Cek Fakta TIMES Indonesia. Lebih lengkap lihat di sini: https://turnbackhoax.id/2021/10/31/salah-video-makam-rasulullah/

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim makam Nabi Muhammad SAW, salah. Sebenarnya, video itu memperlihatkan makam Syekh Abdul Qadir Al-Kilani, seorang ulama sufi, di Baghdad, Irak.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES