Peristiwa Internasional

Abdullah Hussein Hammoud, Wali Kota Muslim Pertama di Dearborn, Michigan AS

Senin, 08 November 2021 - 18:12 | 53.04k
Abdullah Hussein Hammoud berhasil memenangkan pemilihan Wali Kota Dearborn, Michigan, AS. (FOTO: Dok. Pribadi Hammoud)
Abdullah Hussein Hammoud berhasil memenangkan pemilihan Wali Kota Dearborn, Michigan, AS. (FOTO: Dok. Pribadi Hammoud)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang beragama islam Abdullah Hussein Hammoud (31) terpilih sebagai Wali Kota Dearborn, Wayne Country yang merupakan negara bagian Michigan, Amerika Serikat.

Dearborn merupakan salah satu kota di Amerika yang terkenal memiliki banyak populasi Timur Tengah serta keturunan Arab Amerika dengan Lebanon sebagai kelompok etnis terbesar.

Hammoud memenangkan pemilihan wali kota dan mengalahkan rivalnya yang merupakan mantan Komisaris Wayne Country, Gary Woronchak pada Rabu (3/11/2021) waktu Amerika.

Menurut hasil perhitungan suara dari kota Dearborn, Hammoud berhasil mendapat suara sebesar 54,6 persen, sedangkan Woronchak mendapat suara sebesar 45,2 persen.

Abdullah-Hussein-Hammoud-2.jpg

Kepemimpinan Hammoud  menggantikan John Jack O’Reilly Jr, Wali Kota Dearborn sejak tahun 2007 yang selalu mendapat kritikan selama masa pemerintahannya atas penanganan banjir di pinggiran kota Detroit. Kemenangan Hammoud membawa perubahan mencolok dari masa lalu Dearborn.

Sebelum menjadi wali kota, Hammoud merupakan salah satu anggota relawan aktif di United Nations Relief and Work Agency serta anggota parlemen negara bagian tersebut yang memiliki jumlah penduduk sekitar hampir 110.000 orang.

Selain itu, Hammoud memiliki latar belakang keluarga yang merupakan imigran Lebanon. Hidup dalam kesederhanaan, tidak membuat Hammoud patah semangat dalam mengejar pendidikannya.

Abdullah-Hussein-Hammoud-3.jpg

Ia berhasil mendapat gelar master di bidang kesehatan masyarakat dan MBA dari University of Michigan-Ann Arbor. Dan pada 2016, ia menjadi muslim Amerika pertama yang masuk ke distrik-15 di ibukota negara bagian.

Terpilihnya Hammoud diyakini mampu membawa perubahan besar di Dearborn, ia berharap selama masa pemerintahannya nanti bisa membawa perubahan bagi kota tersebut dan menginspirasi kaum minoritas di sana.

“Untuk anak perempuan dan laki-laki muda yang pernah diejek karena keyakinan atau etnis mereka, kepada Anda yang pernah dibuat merasa bahwa nama Anda tidak disukai, dan kepada orang tua kita dan orang lain yang dipermalukan karena yang dilakukannya, hari ini adalah bukti bahwa Anda adalah orang Amerika seperti orang lain,” jelas Hammoud kepada penonton saat tampil di panggung Komunitas Mohammed Turfe.

Abdullah Hussein Hammoud juga memastikan bahwa selama masa jabatannya ia akan melibatkan kerja komunitas masyarakat, membangun jajaran yang transparan, dan fokus dalam menangani permasalahan yang ada di Dearborn. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES