Kuliner

Nikmatnya Makan Buah Durian di Pinggir Sungai Pinus Camp Songgon Banyuwangi

Minggu, 07 November 2021 - 16:25 | 112.73k
Para pengunjung saat menikmati buah durian di pinggiran sungai kawasan wisata Pinus Camp Songgon Banyuwangi. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)
Para pengunjung saat menikmati buah durian di pinggiran sungai kawasan wisata Pinus Camp Songgon Banyuwangi. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Berbagai cara asik dilakukan oleh sejumlah masyarakat di Bumi Blambangan untuk menikmati buah durian. Salah satunya dengan menyantap si Raja Buah ini di pinggiran sungai kawasan wisata Pinus Camp Songgon, Dusun Sumberagung, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur.

Di lokasi wisata ini, para pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan suara percikan air ditambah dengan sejuknya angin yang menerpa, sehingga menambah suasana tenang saat menikmati buah durian.

wisata Pinus Camp Songgon 2

Selain itu rimbunnya pepohonan dan lokasi yang tepat berada di pinggiran aliran sungai deras menambah suasana asik bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Tak heran memang, selain terkenal dengan berbagai destinasi wisata berbasis alam, Kecamatan Songgon sendiri juga merupakan wilayah penghasil durian berkualitas di Kabupaten Banyuwangi.

Pengelola destinasi wisata Pinus Camp Songgon Banyuwangi, Yusuf Sugiono mengatakan saat musim panen raya durian tiba, di lokasi wisata yang ia kelola memang kerap dijadikan lokasi favorit oleh para pengunjung untuk menyantap buah durian. Mulai dari kalangan anak muda hingga para orang tua yang turut mengajak seluruh keluarga.

"Pada musim panen biasanya para pengunjung yang datang ke sini itu selain ingin camping mereka juga memesan buah durian untuk disantap bersama-sama di pinggiran sungai," kata Yusuf Sugiono kepada TIMES Indonesia, Minggu (7/11/2021).

Ia menambahkan, berbagai jenis durian ada di lokasi wisata ini, karena memang dirinya juga bekerjasama dengan para petani durian lokal di kecamatan Songgon.

Adapun buah durian yang siap ia suguhkan kepada para pengunjung yang datang diantaranya, durian bajul, durian kasur, kelemben, mentega, jenewer, hingga durian oren dan durian merah.

"Karena memang kita sendiri memesan buah durian dari para petani lokal di wilayah sini. Sehingga dengan adanya tren makan durian di pinggiran sungai ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," ucapnya.

Karakteristik buah durian yang ada di kecamatan songgon sendiri memang terkenal dengan daging buahnya yang tebal hingga beraroma wangi. Tak heran jika buah lokal ini menjadi incaran para penikmat kuliner hasil alam.

wisata Pinus Camp Songgon 3

Soal harga kalian tidak perlu khawatir, karena meskipun memiliki rasa yang seakan menari di lidah dan ditambah suasana alam yang menenangkan hati, para pengunjung yang datang bisa memesan berbagai jenis durian dengan kisaran harga mulai dari Rp 20 Ribu hingga Rp 100 Ribu. Ditambah dengan tiket layanan dan fasilitas sebesar Rp 5 Ribu per orang.

"Berbagai fasilitas penunjang ada di tempat wisata Pinus Camp ini, mulai dari kamar mandi yang sudah sesuai dengan standar kesehatan hingga cafe dan lokasi camping serta lokasi makan duren tepat di pinggir aliran sungai deras," ujar Yusuf Sugiono.

Ilmiah (45) salah satu pengunjung asal Dusun Cungkingan, Desa Badean, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi mengaku senang menikmati buah durian di pinggir aliran sungai.

Selain Ia memang hobi menikmati buah durian, dirinya juga suka dengan nuansa alam yang ada di pinggiran sungai Pinus Camp Songgon Banyuwangi.

"Walaupun tidak memetik langsung dari pohonnya tapi suasana yang ada mendukung untuk menikmati buah durian di pinggiran sungai tempat wisata Pinus Camp Songgon Banyuwangi ini," ungkap Ilmiah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES