Tekno

Antisipasi Serangan Ransomware, Begini Caranya

Minggu, 07 November 2021 - 13:00 | 50.54k
Ilustrasi hacker. (Foto: Pixabay.com)
Ilustrasi hacker. (Foto: Pixabay.com)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Di era digital seperti saat ini, kejahatan digital pun semakin meraja lela di dunia maya. Salah satunya adalah serangan Ransomware.

Ransomware adalah jenis perangkat lunak berbahaya, atau malware, yang membuat seseorang tidak dapat mengakses file, sistem, atau jaringan komputer karena terkunci oleh peretas. 

Biasanya, para hacker akan meminta uang tebusan untuk mengembalikan data. Penjahat dunia maya biasanya menargetkan bisnis dan pemerintah, dengan harapan mereka bisa membayar tebusan.

Dikutip dari Instagram instargram Kementwrian Komunikasi dan Informasi RI, berikut cara menghindari perangkat dari Ransomware.

1. Backup data secara berkala

Backup file dan dokumen pentingnya secara teratur dan berkala dengan menyimpan di layanan cloud computing maupun hard drive eksternal, Gunakan kata sandi yang kuat dan otentik dua faktor.

2. Waspada terhadap email, aplikasi pesan, media sosial ataupun forum online yang masuk

Situs web yang terinfeksi dan lampiran email merupakan kasus persembunyian paling umum untuk tempat sarang ransomeware, pastikan email tidak terdapat pesan yang memiliki sumber berbahaya potensial.

3. Update software tepat waktu

Aktifkan update otomatis dan periksa update secara teratur untuk aplikasi yang tidak diperbarui secara otomatis.

4. Hindari mengunjungi website mencurigakan

Jika kamu sempat mengklik banner iklan, situs web tidak muncul ataupun tidak tiba-tiba di situs tersebut mengunduh sesuatu, segera tutup halaman tersebut dan batalkan unduhan tersebut jangan sampai menginstal otomatis di perangkatmu.

5. Matikan fitur file sharing (berbagai file)

Jika kamu sering menggunakan perangkat di jaringan yang berbeda, alangkah baiknya mematikan file sharing dan hindari semaksimal mungkin memberikan hak izin full sharing je subuah jaringan.

Itulah tadi beberapa cara atau tips untuk menghindari Ransomware. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES