Gaya Hidup

Ufa Fauziah Pamerkan Lukisan Hasil Karya Selama Pandemi

Minggu, 07 November 2021 - 10:57 | 45.16k
Ufa Fauziah saat menunjukkan karya lukisnya pada pameran tunggalnya The Beginning. (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).
Ufa Fauziah saat menunjukkan karya lukisnya pada pameran tunggalnya The Beginning. (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SURABAYAUfa Fauziah, seniman asal Situbondo ini memamerkan sekitar 17 lukisan hasil karyanya selama Pandemi Covid-19.

Pandemi yang memaksanya untuk tak kemana-mana itu, akhirnya membuahkan 100 karya lukis lebih, namun hanya sebagaian yang ia pamerkan.

Melalui pameran tunggal yang ia beri nama The Beginning, Ufa menampilkan ragam karya lukis aliran impresionis. Pameran tersebut mulai ia gelar pada hari ini, Minggu (7/11/2021) hingga 14 November 2021 mendatang di Art Lan Louge Surabaya.

Ufa Fauziah 2

"Saya mengangkat tema The Beginning, tema ini adalah awal perjanan saya di seni rupa, jadi awal saya pameran adalah karya saya melukis dengan cat air di atas kanvas pada tahun 2018 bersama Kolcai National Exhibition di Solo. Karena sekarang efek pandemi, akhirnya saya punya kesempatan pameran tunggal," ujar Ufa, Minggu (7/11/2021).

Wanita yang tak memiliki latar belakang pendidikan seni rupa ini pun beralih aliran dari aliran realisme ke impresionisme saat masa Pandemi Covid-19. Gaya lukisannya pun terinspirasi dari para pelukis Impresionis abad 19 hingga 20.

"Jadinya udah mantab, saya ingin masuk di aliran Impresionis dan melihat prespektif dunia dalam prespektif saya serta pengen menunjukkan itu kepada audiens," ujar Ufa.

Dari 13 lukisan yang ia lukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas, lukisan yang paling berkesan untuknya adalah lukisan yang ia beri judul Semesta Wayang. Karena ada berbagai objek yang ia lukis.

"Semasta wayang, yang paling sulit, saya lihat saya lukis, saya tidak menangkap momen saja tapi saya juga feeling, emosional juga," tuturnya.

Ufa sendiri mulai terjun ke dunia seni rupa adalah pada 2014 silam. Namun, sebenarnya ia mulai senang melukis sejak kecil, akan tetapi ia tak mekuni hal tersebut karena kesibukan sekolah hingga kuliah. 

Ufa Fauziah 3

Suatu ketika ada seorang teman yang memberinya kado kanvas dan cat minyak. Namun, ia hanya meletakkan kado tersebut di atas lemarinya.

"Kado itu, baru saya turunkan tahun 2014, kok nyenengi ya melukis itu, akhirnya beli kanvas lagi, lalu saya belajar, prosesnya panjang dari awalnya yang buat sketsa dulu pakai pensil, baru ke cat air, baru sekarang bisa ekspresif lagi," jelasnya.

Kemudian pada tahun 2018 ia mulai mengikuti pameran lukisan perdananya dala pameran Kolci National Exhibition di Bentara Budaya Balai Sudjatmiko, Solo. Ini lah awal karir Ufa Fauziah berkesenian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES