Gaya Hidup

Melihat Foto Makanan Bisa Bikin Lapar, Ini Alasannya

Minggu, 07 November 2021 - 01:24 | 62.40k
Ilustrasi - Makan bersama (FOTO: iStockphoto)
Ilustrasi - Makan bersama (FOTO: iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMedia sosial berkembang di Indonesia dengan sangat pesat. Bahkan, media sosial ini telah menciptakan banyak tren di masyarakat. Tidak terkecuali dengan tren makanan kekinian. Banyak foto makanan yang menghiasi berbagai media sosial.

Banyak dari kita yang menyempatkan memotret makanan kekinian yang lucu atau menarik sebelum dimakan. Hal ini tampaknya sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Saat diunggah ke medsos, umumnya muncul komentar "bikin lapar nih.." bila fotonya menarik. Nah, benarkah foto makanan bikin kita jadi lapar?

Dikutip dari The Guardian, menurut penelitian yang dipimpin oleh dr. Kathleen A. Page dari University of Southern California, foto makanan memang bisa membuat lapar. Ini karena foto makanan yang ditangkap oleh indra penglihatan kita akan diteruskan oleh saraf menuju otak untuk diterjemahkan.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) ini membuktikan bahwa foto makanan berlemak dan berminyak, dapat mengaktifkan bagian otak yang mengontrol nafsu makan.

Foto MakananFoto: thinkstocphotos

Melalui mata, kita melihat makanan maupun foto makanan yang dapat membuat otak merespon dengan meningkatkan keinginan untuk makan. Gambar yang ditangkap oleh mata, kemudian ditransfer oleh saraf ke otak.

Otak kemudian akan memerintahkan tubuh untuk makan. Keinginan kita untuk makan akan lebih besar jika otak juga sedang merasa “lapar mata”.

Nah, jadi hati-hati bagi yang sering melihat foto-foto makanan kekinian di media sosial. Bisa jadi nafsu makan meningkat dan asupan makan menjadi lebih banyak dari biasanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES