News Commerce

Roadshow 5 Kota, BTN Buka Kesempatan Milenial Punya Rumah Sendiri Lewat Fitur GPM

Sabtu, 06 November 2021 - 10:23 | 35.15k
Roadshow BTN kenalkan fitur GPM for Millennial, Sabtu (6/11/2021).(Dok.BTN)
Roadshow BTN kenalkan fitur GPM for Millennial, Sabtu (6/11/2021).(Dok.BTN)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah rilis pada akhir Oktober lalu, PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk, tengah gencar menyosialisasikan fitur Graduated Payment Mortgage (GPM) pada KPR BTN Gaess for Millenial.

Salah satunya lewat ajang roadshow di lima kota besar di Indonesia. Fitur GPM digagas BTN untuk menggaet para millenial agar membeli rumah dengan KPR BTN Gaess For Millenial.

Fitur tersebut memudahkan milenial karena angsurannya cenderung ringan di beberapa tahun pertama dengan perhitungan suku bunga kredit yang lebih kompetitif. Roadshow tersebut dilakukan untuk mengejar target pencapaian penyaluran KPR Non Subsidi yang tahun ini dipatok Rp 10,3 triliun.

"Kami melakukan roadshow untuk melakukan pendekatan langsung ke millenial yang saat ini menjadi segmen yang paling diincar BTN, kami harapkan KPR BTN Gaess for Millenials ini dapat mendominasi 60 persen dari keseluruhan penyaluran KPR non Subsidi," kata Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) BTN Suryanti Agustinar di Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Untuk mengejar target tersebut, BTN menggelar roadshow di Daerah Istimewa Yogyakarta, Medan, Surabaya, Bandung dan Makassar.

Lima kota tersebut, menurut Suryanti,  memiliki potensi besar karena populasinya tinggi, dengan tingkat pendapatan per kapita masyarakatnya juga besar, dan tentu saja memiliki jumlah penduduk usia millenial cukup banyak.

"Kami pernah melakukan roadshow ini saat pertama kali KPR BTN Gaess for Millenial diluncurkan tahun 2018 di kota yang sama dan berhasil menarik animo yang tinggi, tahun ini kami harap juga demikian apalagi ekonomi sudah mulai pulih, dan sektor properti bangkit," kata Suryanti.

Menurut Suryanti, fitur GPM yang disematkan dalam KPR BTN Gaess for Millenials sangat tepat dimanfaatkan oleh para milenial yang memiliki perencanaan keuangan matang karena fitur ini sesuai dengan kondisi finansial  dan tidak terlalu membebani kantong mereka, karena pada  2 tahun pertama cicilannya ringan.

Adapun fitur GPM yang diunggulkan antara lain suku bunga promo lebih rendah dan diperhitungkan secara berjenjang yaitu sebesar 4,75 persen selama 2 tahun pertama pinjaman, dibandingkan dengan KPR biasa yang menggunakan skema fix and cap (bunga naik 1 persen tiap tahun selama 3 tahun pertama), sehingga besar angsuran GPM lebih rendah dibanding angsuran KPR reguler pada awal masa kredit.

Setelah itu, pembayaran angsuran akan meningkat secara stabil sesuai dengan asumsi kenaikan penghasilan calon debitur setiap tahunnya.

Suryanti menjelaskan keringanan cicilan yang dimaksud dengan simulasi sebagai berikut, jika milenials membeli rumah seharga Rp 500 juta dengan uang muka 5%, maka angsuran awal dengan fitur GPM, hanya perlu mencicil Rp 2,8 juta per bulan. Sementara tanpa fitur GPM cicilannya akan mencapai sekitar Rp 3,1 juta.

Adapun untuk dapat mengajukan aplikasi KPR BTN Gaess for Millenials dengan fitur GPM ini, nasabah harus memenuhi sejumlah syarat, di antaranya berusia 21-35 tahun, memiliki pekerjaan dan status sebagai karyawan tetap dengan penghasilan tetap. 

Dengan penambahan fitur anyar pada KPR BTN Gaess For Millenial,  Suryanti  berharap BTN menjadi Top of Mind para millenial ketika ingin membeli rumah.

Seperti yang diketahui, BTN tahun ini mengejar pertumbuhan KPR Non Subsidi di atas Rp 10,3 triliun. Adapun realisasi KPR BTN Gaess For Millenial  sejak 2019 sampai September 2021 telah mencapai Rp 15,2 triliun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES