Wisata

Ini 10 Fotografer Terbaik di Lomba Foto Festival Silek On The Sea Kota Pariaman

Jumat, 05 November 2021 - 17:20 | 69.58k
Salah satu dari 10 hasil foto terbaik di lomba foto festival Silek On The Sea tahun 2021 Kota Pariaman. (FOTO: Rico Mardino - Kota Padang)
Salah satu dari 10 hasil foto terbaik di lomba foto festival Silek On The Sea tahun 2021 Kota Pariaman. (FOTO: Rico Mardino - Kota Padang)

TIMESINDONESIA, PARIAMANFestival Silek On The Sea Kota Pariaman tahun 2021 rampung digelar. Even perdana ini memadukan keindahan gerak seni budaya ‘Silek’ dan kemolekan alam Kota Pariaman, Sumatera Barat. Melalui festival ini, Pemerintah setempat berupaya mempromosikan sektor pariwisata dengan lomba foto yang juga disertakan. 

Festival ini digelar di pesisir pantai. Menggunakan laut sebagai panggungnya. Disini, sebanyak 200 atlet Silek dari seluruh perguruan silat se-Provinsi Sumatera Barat beradu kecakapan gerakan. Seluruhnya saling pamer olah gerak seni tradisional Minangkabau. 

Berikut 10 nama fotografer yang sukses memikat para dewan juri dengan foto-foto terbaiknya di Festival Silek On The Sea tahun 2021 Kota Pariaman. (catatan, urutan nama tidak menentukan urutan juara).

  1. Ikhsan dari Kota Bukittinggi
  2. Ilyas Sikumbang dari Kota Bukittinggi
  3. Rico Mardino dari Kota Padang
  4. Khalid Alhamda dari Kota Pariaman
  5. Soliman n Setia dari Kota Bukittinggi
  6. Daniel Saputra dari Kota Padang
  7. Baim Koto dari Kota Pariaman
  8. Maizal dari Bukittinggi
  9. Ilham Abdi dari Kota Pariaman
  10. Ardi Sensei dari Kota Pariaman

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono menyampaikan bahwa festival Silek tersebut sukses digelar. Menurutnya, dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 

"Puji syukur festival ini rampung dilaksanakan dengan hasil yang begitu memuaskan. Ini berkat kerjasama semua pihak, dan juga Pemkot Kota Pariaman dan Kemenparekraf," ujar Marhen kepada TIMES Indonesia, Jumat (5/11/2021).

Untuk mengenalkan potensi wisata alam dan kearifan lokal budaya masyarakat Kota Pariaman, Marhen berharap festival Silek bisa digelar rutin setiap tahunnya. Dengan bangga, Dinas Pariwisata Kota Pariaman menyebut wisata yang ada di daerah berjuluk The Sunset City of Indonesia, ini layak untuk didatangi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara. 

"Semoga ini bisa kontinyu digelar setiap tahunnya. Karena potensi alam di Kota Pariaman ini layak untuk dipasarkan di wisatawan domestik atau luar negeri," katanya. 

Sementara Wali Kota Pariaman, Genius Umar menegaskan bahwa festival ini adalah inovasi Pemerintah setempat untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Melalui kegiatan ini, Pemkot Pariaman bermaksud menggeliatkan kembali gairah wisatawan agar berkunjung. 

"Ada keunikan tersendiri yang menyatu dalam setiap prosesi dalam festival Silek On The Sea ini. Semuanya dipadukan untuk membuat suatu keindahan, baik dari aspek kebudayaan, adat dan tradisi serta potensi wisata yang ada di Kota Pariaman ini," kata Genius Umar.

Selain memilih 10 hasil jepretan terbaik di Festival Silek On The Sea tahun 2021 ini, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, juga memberikan sejumlah piala, piagam dan medali emas. Dengan total hadiah senilai Rp75 juta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES