Gaya Hidup

Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021 Jaring Talenta Muda

Jumat, 05 November 2021 - 07:02 | 72.50k
Koleksi yang ditampilkan para designer pada Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021. (FOTO: istimewa for TIMES Indonesia)
Koleksi yang ditampilkan para designer pada Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021. (FOTO: istimewa for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021 juga menyelenggarakan kompetisi desain,  dengan target mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim sekaligus pusat halal dunia.

Selain acara pameran, fashion show, dan talkshow, Modest Young Designer Competition (MYDC) juga digelar untuk menjaring talenta muda yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan sebagai entrepreneur untuk mewarnai sektor fesyen muslim nasional.

Lewat kompetisi ini diharapkan bisa memotivasi generasi muda untuk meningkatkan kompetensinya di bidang busana muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi di pasar nasional dan global.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta diwajibkan mengirim sketsa desain ready to wear muslim yang menerapkan konsep sustainable fashion dengan mengeksplorasi kekayaan konten lokal dan mengaplikasi tren warna, motif, serta material tekstil.

Kriteria penilaiannya kompetisi  didasarkan pada kreativitas, orisinalitas, daya pakai, kerapihan, ketepatan pemilihan bahan, daya jual, dan kesiapan dari segi bisnis.

Dewan juri MYDC 2021 terdiri dari Taruna K. Kusmayadi (Ketua Dewan Juri dan Advisory Board Indonesian Fashion Chamber/IFC), Diana Yumanita (Deputi Direktur Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia), Shan Shan Huang (Executive Director Garment Sritex Group), Ali Charisma (Fashion Designer/Entrepreneur), dan Sofie (Fashion Designer/Entrepreneur).

Fashion-2.jpgParade fashion ini antara lain untuk mendorong talenta muda kreatif dan inovatif dalam sektor fesyen muslim nasional. (FOTO B: istimewa for TIMES Indonesia)

"Lebih dari 500 pendaftar kemudian terseleksi menjadi 13 finalis yang berhasil lolos ke babak Grand Final dengan total hadiah hingga Rp 90 juta. Untuk menjuarai kompetisi ini seluruh peserta harus bersaing ketat. Diharapkan lomba ini dapat mencetak desainer baru, generasi baru, untuk mewarnai dan mengembangkan potensi industri fesyen muslim Indonesia secara berkelanjutan," kata Taruna K. Kusmayadi.

Finalis MYDC 2021 sebanyak 13 oraang yang terpilih adalah : Leli Al Idrus, Nur Faridatus, Galuh Agnes, Andika Kurniawan, Zukhaila Noor Failasufa, Rohanita, Maame K. Bankah, Bagaskara Panuluh, Andrean Nur, Lutfiaz Tri Annisa, Taufik Hidayat, Yulia Rostiani, dan Fista Wulan yang berkesempatan menampilkan karyanya di panggung Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021.

Rangkaian fashion show pada hari ketiga digelar di Assembly Hall JCC dengan konsep fashion parade dan di Lower Lobby JCC dengan konsep fashion presentation karya perancang mode Indonesia dan anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) sektor fesyen dan aksesoris dengan mengusung tema "New Normal is Sustainable Fashion".

Pagelaran hari ketiga ini, Fashion Parade by Indonesian Fashion Designers sesi pertama menampilkan koleksi dari Nibras, Ina Ndao, MouCa by moureen, Babyla, Motif Hawa by Pipit Pramudia, Hesandra Indonesia dan accessories by Andjani, Rizqi Batik, Artha Dharma by Ketut Rajin dan accessories by Tiar Handicraft, Zabay Collection dengan accessories by Lzha, craft by Anyamandiri, Jawhara Syari, Arnesta y Arnesta Batik, Batik Beras Basah dan accessories by D'Korsase, serta Lina Sukijo.

Sesi kedua Fashion Parade by Indonesian Fashion Designers menampilkan sederet karya dari Ija Kroeng by Khairul Fajri Yahya, Afif Syakur dan accessories by Pash, Pohon Zaitun, Hannie Hananto, Batik Warna Alam SiPutri x Nabila Sajidah, Galeri Destiani berkolaborasi dengan accessories by Eva Unique dan accessories by Chrisnawati Evayana, Sarung Tentrem, Fanny art shop, ZOYA, Koko Taktikal Premium Durezza dan accessories by Paduzzee by Siera Eka Sukma, Pagi Motley, Godho Batik dan accessories by Concha, Batik Rolla by Andriana Okta, Rumah Tenun Nadira dan accessories by Fajar Wonk, ARIE RICH, Boolao, Karawo Lethuna dan accessories by Bara Silver, Fatih Indonesia dan accessories by Akar NFYR by Ferawati Klaudia, dan ditutup oleh koleksi dari Ria Miranda.

Sedangkan Fashion Presentation by Indonesian Fashion Designers menampilkan karya dari Paradise Batik dengan tema The Caravan, Rahmaika dengan tema Selembar Kain, Defika Hanum dengan tema Sine Midihari dan bags by Rorokenes dengan tema Sharma, L.TRU dengan tema Sun-Kist Blue Sky, Najua Yanti dengan tema I want to break free serta D’Torajan by Putri Anjani x Daun Agel.

Fashion-3.jpgIndonesia ingin menjadi kiblat fesyen muslim sekaligus pusat halal dunia.(FOTO: istimewa for TIMES Indonesia)

Sejumlah 339 pelaku usaha di sektor fesyen muslim tanah air berkesempatan memasarkan produknya dalam Exhibition & Indonesia Halal Showcase yang diselenggarakan secara offline (luring) di Assembly Hall JCC dan secara virtual (daring) melalui www.isef.co.id sampai Desember 2021.

Untuk mengoptimalkan kegiatan business matching, ISEF tahun ini meningkatkan jumlah kehadiran buyer/reseller nasional maupun internasional.

Sebagai dukungan untuk memperkuat kesiapan pelaku usaha fesyen muslim Indonesia dalam menangkap peluang pasar global, Indonesian Diaspora Business Council (IDBC) juga  mengadakan DIASPORA TALK dengan menghadirkan narasumber diaspora di sektor fesyen dari lima benua antara lain Middle East, Eropa, Amerika, Australia, dan China.

Tema yang diangkat Style and Behaviour Since Pandemic yang Opening Speechnya oleh Anna Setyawati, Deputi Direktur Ekonomi dan Keuangan Syariah

Para pembicara terdiri dari  Ali Charisma (National Chairman Indonesian Fashion Chamber), Fify Manan (President Indonesian Diaspora Business Council), H.E Djauhari Oratmangun (Dubes LBBPRI RRT dan Mongolia), Ioana Gomoi (Idocumentary Filmmaker and On-Camera Host), Sunny Sukardi (CEO of Taihe Group), dan Yenni Thamrin (President of Indonesia Diaspora China).

Untuk mendorong gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan menggaungkan sustainable fashion melalui busana dengan wastra Nusantara, diselenggarakan pula Live Shopping bersama desainer Wignyo dengan wastra tenun serta Batik Chic dan TudyAdib dengan wastra batik.

Fashion show dan exhibition pada Sustainable Muslim FashionISEF 2021 menghadirkan produk busana muslim serta aksesori dengan mutu desain dan kualitas yang siap bersaing di pasar global serta menerapkan konsep sustainable fashion untuk mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dan halal produk dunia.

Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersinergi dengan Indonesian Fashion Chamber dan Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) tak hanya menghadirkan rangkaian acara pameran, fashion show, dan talkshow saja, tetapi juga menjaring talenta muda.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES