Wisata

Wisata Ulin Kabapa Mulai Dilirik Wisatawan, Karangtaruna Gandeng BPBD dan PMI

Kamis, 04 November 2021 - 21:42 | 57.99k
Kegiatan River Tubing yang dilakoni siswa SBS Yes Bekasi Utara di Balokang Patrol menerapkan standar keselamatan yang ketat (foto:Susi/TIMES Indonesia)
Kegiatan River Tubing yang dilakoni siswa SBS Yes Bekasi Utara di Balokang Patrol menerapkan standar keselamatan yang ketat (foto:Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Setelah ditetapkan turun ke PPKM level 1, Kota Banjar mulai membuka sejumlah aktivitas di beberapa obyek wisata. Salah satunya yaitu Wisata Ulin Kabapa yang berada di Dusun Balokang Patrol Desa Jajawar Kecamatan Banjar Kota Banjar Jawa Barat.

Menggeliatnya kembali wisata River Tuning Ulin Kabapa ini rupanya sudah dikenal ke pelosok Negeri sehingga wisatawan dari luar Kota Banjar mulai berdatangan untuk menjajal derasnya aliran sungai Citanduy.

Seperti halnya dengan kedatangan rombongan dari Sekolah Alam SBS Yes atau Suluk Bisnis Sosial young edupreneur school Bekasi Utara yang lebih dari dua pekan ini melatih siswa tingkat SMP dan SMA-nya untuk magang beberapa kegiatan di Kota Banjar.

Diungkap Lia, Kepala Sekolah SBS Yes, pihaknya memilih 4 titik di Kota Banjar dalam kegiatan Magang siswanya kali ini. Selain memperkenalkan budidaya Jamur Tiram di Kecamatan Langen, 47 siswa dilatih juga bagaimana cara pembuatan tempe dan mengunjungi Budi Angklung.

 "Titik ketiga para siswa juga dibawa ke Desa bahasa Banjar yang mengajarkan proyek sosial yang mengambil lingkungan terkait pengelolaan sampah dan untuk titik keempat kami laksanakan disini untuk mengedukasi proses pengelolaan sampah," tutur Lia.

Selama 3 Hari 2 Malam, pihaknya mendirikan tenda di Kompleks Wisata Ulin Kabapa dan siswa diajak mengenal budaya di Yayasan Gilang Sunda Nagari berakhir di kegiatan River Tubing di hari terakhir sebelum mereka kembali ke Bekasi.

 "Kami melirik Kota Banjar karena disini memang banyak potensi yang bisa kita ajarkan terhadap siswa siswi kita," imbuhnya.

Ado selaku Ketua Karangtaruna pengelola Wahana wisata River Tubing Kabapa mengaku bangga bisa memperkenalkan potensi alam di Desanya dan terpilih sebagai salah satu lokasi yang layak untuk dijadikan wisata alam.

 "Dalam pelaksanaan River Tubing, kami menggandeng BPBD dan PMI Kota Banjar sebagai mitra kami dalam memberikan perlindungan dan keselamatan para siswa selama mengikuti kegiatan di Sungai Citanduy," jelasnya.

Hal tersebut dibenarkan Kalak BPBD, Kusnadi kepada TIMES Indonesia saat ditemui di tengah kesibukannya dalam memantau berjalannya kegiatan tersebut.

 "Jadi kegiatan River Tubing ini memang kami diminta oleh Karangtaruna Balokang Patrol untuk mendampingi siswa selama melakukan aktivitas didalam Sungai Citanduy," jelasnya.

Kusnadi memastikan, kegiatan River Tubing Balokang Patrol sudah memenuhi standar keselamatan guna memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi peserta selama mengikuti River Tubing baik itu di Sungai Citanduy maupun di darat.

 "Selain pendampingan, kami menyiapkan berbagai alat pelindung seperti pelampung dan sebagainya sementara panitia Karangtaruna sebagai guide," paparnya.

Kusnadi memastikan untuk kegiatan di Balokang Patrol, pihaknya menerapkan standar keselamatan secara ketat agar dapat mencegah terjadinya insiden susur sungai seperti di Cileu'eur Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu hingga menewaskan 11 siswa MTS Harapan Baru Cijantung.

 "Selain pengawalan kegiatan, kami juga memberikan pengawasan dan pengendalian waktu kegiatan hanya sampai pukul 15.00 WIB," urainya. (Susi/TIMES Indonesia Priangan Timur)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES