News Commerce

Digelar Virtual, Pemilos SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta Wujud Demokrasi di Masa Pandemi

Rabu, 03 November 2021 - 09:47 | 67.75k
Peserta didik, guru, dan karyawan SMK Kesehatan Binatama mengkuti kegiatan Pemilihan OSIS (Pemilos) periode 2021-2022 yang dilakukan secara daring menggunakan Aplikasi Binatama Istimewa pada Senin (25/10/2021). (Foto-foto: SMK Kesehatan Binatama
Peserta didik, guru, dan karyawan SMK Kesehatan Binatama mengkuti kegiatan Pemilihan OSIS (Pemilos) periode 2021-2022 yang dilakukan secara daring menggunakan Aplikasi Binatama Istimewa pada Senin (25/10/2021). (Foto-foto: SMK Kesehatan Binatama

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTASMK Kesehatan Binatama Sleman Yogyakarta sukses melaksanakan pesta demokrasi pemilihan OSIS (Pemilos) secara daring. Acara ini digelar sebagai wujud demokrasi di masa pandemi Covid-19 yang memasuki tahun kedua ini.

Kepala SMK Kesehatan Binatama Nuri Hastuti SP mengapresiasi Pemilos yang merupakan pendidikan politik bagi siswa SMK Kesehatan Binatama. Dengan adanya kegiatan ini, siswa diharapkan bisa menjadi pemilih yang cerdas dan kritis serta memahami dan mengkritisi visi, misi, dan program kerja kandidat. 

“Pemilos merupakan ajang pembelajaran demokrasi para siswa, terlebih mereka ini merupakan pemilih pemula. Diharapkan kegiatan tersebut bisa memberikan pengalaman sekaligus belajar untuk menggunakan hak pilihnya secara langsung, tanpa ada tekanan, dan sesuai hati nurani masing-masing,” jelas Nuri.

pacara

Valensia Farra Diva Raynalta, ketua OSIS SMK Kesehatan Binatama sekaligus Ketua Panitia Pemilihan OSIS, mengatakan Pemilos  secara virtual dilaksanakan pada Senin (25/10/2021).

Valensia menjelaskan, teknik kampanye Pemilos berupa penyampaian visi, misi, serta program kerja dibuat dalam bentuk video untuk dibagikan ke semua grup kelas. Selain itu, kampanye juga dilakukan melalui Youtube SMK Kesehatan Binatama dengan tujuan agar dapat diakses dan dicermati dengan baik oleh seluruh pemilih. 

“Dalam pelaksanaannya, Panitia Pemilos memperpanjang waktu pemberian suara untuk warga SMK Kesehatan Binatama hingga Senin (25/10/2021) pukul 13.00 WIB. Hal ini karena kondisi jaringan yang tidak lancar. Tingkat partisipasi pemilih SMK Kesehatan Binatama mencapai 100%,” jelas dia.

Valensia menambahkan, hasil perolehan suara masing-masing kandidat seperti yang dilaporkan oleh Ghotama Pamungkas MPdI, selaku admin Pemilos SMK Kesehatan Binatama, adalah Paslon 01 (Erwanda Chandra dan Monita Widiastuti) sebanyak  51,3 % dan Paslon 02 (Rushah Dini Pratiwi dan Dinda Naswa Nur F) sebanyak 48,7 %.

laporan

Selanjutnya, struktur kepengurusan OSIS SMK yang beralamat di Jalan Monumen Jogja Kembali No.134, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, akan dilengkapi melalui sidang formatur. 

Dengan Pemilos ini, kata Valensia melanjutkan, diharapkan terbentuk kepengurusan OSIS SMK Kesehatan Binatama periode 2021/2022 yang berkualitas.  Selain itu, juga dapat lebih meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik dan karakter peserta didik, serta dapat melahirkan kader pemimpin bangsa yang negarawan.

Valensia mengatakan, kegiatan selanjutnya yaitu adalah kegiatan Laporan Pertanggungjawaban dan Pelantikan Pengurus OSIS baru. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Oktober 2021 bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.

“Acara serah terima jabatan dan pelantikan OSIS berjalan lancar. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kaprodi, pembina, dan perwakilan siswa dari setiap kelas, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku,” jelas siswa SMK Kesehatan Binatama Sleman Yogyakarta ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES