Kesehatan

Sederet Pencapaian dan Prestasi Prodi DKV Institut Asia Malang

Kamis, 04 November 2021 - 08:31 | 155.46k
Mahasiswa Program Studi DKV Institut Asia Malang. (Foto: Dok. Handry for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Program Studi DKV Institut Asia Malang. (Foto: Dok. Handry for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang (Institut Asia Malang) memiliki segudang prestasi dan pencapaian gemilang baik akademik maupun non akademik.

Prodi yang berdiri pada tahun 2016 berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Nomor 534/KPT/I/2016 ini menerima mahasiswa baru pada tahun 2017.

Kaprodi DKV Institut Asia Malang Handry Rochmad Dwi Happy,. S.Sn.,M.Sn menyampaikan bahwa pihaknya menetapkan tiga konsentrasi keilmuan DKV. Ini merespon perkembangan teknologi di era industri 4.0 dan perkembangan masyarakat di era 5.0 society maka prodi DKV menyediakan tiga konsentrasi untuk mempertajam keilmuan mahasiswa khususnya dalam ilmu/bidang desain.

Institut Asia Malang b

Konsentrasi tersebut adalah Product Branding dengan dengan profil lulusan desainer logo, desainer packaging, content creator, dan lainnya. Kedua, media rekam dengan profil lulusan fotografer, film maker, movie editor dan lainnya. Ketiga ilustrasi dengan profil lulusan komikus, illustrator, desainer infografis dan lainnya.

"Ketiga konsentrasi yang dimiliki oleh prodi menjadi pembeda prodi DKV Asia Malang dengan prodi DKV di Kota Malang lainnya," ujar Handry.

Handry menyebut hal tersebut di atas menjadi daya pikat dan diminati oleh calon mahasiswa sehingga jumlah mahasiswa DKV Asia Malang meningkat tajam setiap angkatan di tiap tahunnya.

Setelah berjalan hampir 3 tahun, prodi DKV mengajukan akreditasi prodi ke BAN-PT guna membantu mengetahui sejauh mana prodi telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan pemerintah atau standar nasional pendidikan sebagai standar minimal kualitas.

Alhasil, prodi ini mendapat Akreditasi “B” sesuai dengan surat keputusan BAN-PT 2955/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019.

Selain itu, kegiatan rutin mahasiswa prodi DKV adalah pameran di akhir semester. Pameran tugas akhir semester mahasiswa yang kami sebut dengan Pakades atau Pekan Desain Asia.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap akhir semester ganjil dengan menggunakan ruang pamer di kampus dan di ruang pamer publik yang tersedia di Kota Malang. Beberapa lokasi yang dijadikan lokasi yakni Sekul (Sengkaling Kuliner) dan DKM (Dewan Kesenian Malang).

Pakades Asia sudah terlaksana tiga kali.  Untuk prestasi tingkat nasional, mahasiswa Prodi DKV pernah mendapatkan juara II tingkat nasional pada lomba festival film mahasiswa Indonesia.

"Pada saat menempuh perkuliahan, mahasiswa prodi DKV Asia Malang banyak yang telah bekerja karena kemampuan dan capability mahasiswa yang memang dibutuhkan di masyarakat," jelasnya.

Salah satunya Barep Bacthiar bekerja di 24 Slides sebagai desainer grafis. Saifur Rauf bekerja di MS Glow For Men sebagai konten kreator. M Rifai di Cokelat Klasik sebagai fotografer. Chusnia Wahyu di Vmest Photo n Video sebagai fotografer.

Institut Asia Malang c

Lulusan mahasiswa prodi DKV Asia Malang juga banyak yang telah sukses dengan usaha mereka di berbagai macam sektor. Antara lain Dony Nika Prahmana dengan  Kentak Studio yang bergerak pada bidang House Production di Kota Batu dan memliki usaha di bidang konveksi Amey project.

Ada juga Indra Gunawan dan Teguh Adi dengan Mapenic yang bergerak pada bidang House Production di Kota Malang. Eka Septiana yang sukses sebagai youtuber yang banyak mengeluarkan konten game dan cosplay 19,7K followers.

Kemudian Ainur Rizky juga sebagai konten creator di ig dengan nama drawanddie_ dan illustrariz dengan konten membahasa terkait desain dan ilustrasi. Juga Barep Bachtiar konten kreator ilustrasi dan sketsa dengan nama ig inkmoist.

"Hal ini membuktikan pembelajaran yang diberikan pada mahasiswa di Prodi DKV Institut Asia Malang sangat relevan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES