Peristiwa Internasional

Pesawat Kargo Belarusia Antonov-12 Jatuh, Tujuh Kru Tewas

Kamis, 04 November 2021 - 07:06 | 29.35k
Api berkobar di area 300 meter persegi saat pesawat Antonov-12 itu jatuh di hutan yang diselimuti salju basah lebat di Irkutsk. (FOTO: The Moscow Times)
Api berkobar di area 300 meter persegi saat pesawat Antonov-12 itu jatuh di hutan yang diselimuti salju basah lebat di Irkutsk. (FOTO: The Moscow Times)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah pesawat kargo Antonov-12 milik maskapai penerbangan Grodno Belarusia, jatuh di dekat desa Pivovarikha, dekat Irkutsk, Rabu (3/11/2021), sejauh ini lima dari tujuh kru diketemukan dalam tewas.

Gubernur Wilayah Irkutsk, Igor Kabayerv kepada media  menegaskan krunya tidak ada yang selamat.

Kantor berita resmi Rusia, TASS melansir, pesawat itu diketahui menghilang dari radar pemantau pada pukul 14:45 waktu Moskow saat akan mendarat di Irkutsk. Sebelum itu, kru memberi tahu pengontrol lalu lintas udara bahwa mereka harus berputar untuk kedua kalinya.

Tim penyelamat menemukan puing-puing di dekat desa Pivovarikha.

Setelah kecelakaan, pesawat terbakar. Tumpahan bahan bakar yang terbakar menutupi area seluas 300 meter persegi, dan api kini telah padam.

"Tidak ada yang selamat," kata gubernur Wilayah Irkutsk, Igor Kabayerv kepada media. Menurut pihak berwenang, hanya ada awak pesawat didalamnya, mereka terdiri dari warga negara Rusia, Belarusia, dan Ukraina.

Api berkobar b

Juga tidak ada yang dikatakan secara resmi tentang kemungkinan penyebabnya.

Layanan penerbangan mengatakan kepada TASS bahwa penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui apakah itu kesalahan pilot atau masalah teknis, misalnya, kegagalan mesin setelah bertabrakan dengan burung.

Juru bicara Bandara Irkutsk, Klim Kulikov mengatakan, pesawat itu berusaha mendarat di hujan salju basah lebat dengan visibilitas yang buruk.

Sebuah tim yang terdiri dari 100 orang penyelamat sedang bekerja di lokasi kecelakaan. Empat ambulans dan empat van obat bencana telah dikirim ke sana. Gubernur Irkutsk juga menuju ke lokasi kecelakaan itu.

Badan transportasi udara federal Rosaviatsiya mengatakan, bahwa Antonov-12 ini melakukan penerbangan kembali setelah mengirim pasokan makanan ke Semenanjung Chukotka.

Menurut sumber yang dekat dengan layanan darurat, pesawat itu transit di dua persinggahan teknis di rute Yakutsk dan Irkutsk. Pesawat yang mengalami kecelakaan itu telah beroperasi sejak 1968. Layanan darurat mengatakan bahwa pada saat keberangkatan pesawat dalam keadaan baik.

Maskapai penerbangan Grodno, mengoperasikan armada satu Antonov-30, satu Antonov-32, tiga Antonov-32, tiga Antonov-12 dan sebelas Antonov-2. Perusahaan menggunakan pesawat Antonov-12 untuk penerbangan kargo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES