Ekonomi

Surplus Jagung Capai 200.000 Ton, Pemkab Jember Kirim ke Blitar 2.000 Ton

Rabu, 03 November 2021 - 17:24 | 37.24k
Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Firjaun Barlaman saat akan memberangkatkan jagung ke Blitar. (Foto: Arip Ripaldi TIMES Indonesia)
Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Firjaun Barlaman saat akan memberangkatkan jagung ke Blitar. (Foto: Arip Ripaldi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Ketersediaan komoditas jagung di kabupaten Jember untuk produktivitasnya mencapai 450.000 ton pertahun, sedangkan dipakai untuk Jember sendiri 250.000 ton pertahun dan surplus mencapai 200.000 ton pertahun.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto pada saat akan memberangkatkan dua ribu ton jagung ke Blitar, di halaman Pendapa Wahyawibawagraha, pada Rabu (3/11/2021). 

"Ini luar biasa, dan sementara tetangga-tetangga kita yg lain masih tidak seperti Jember, khususnya untuk komoditas jagung. Maka dari itu dikesempatan terbukanya pasar yang harus kita fasilitasi, Pemkab harus turun untuk meyakinkan para buyer (pembeli-pembeli) jagung kita ini," kata Bupati Jember, Hendy Siswanto di halaman Pendapa Wahyawibawagraha, pada Rabu (3/11/2021). 

Bupati Jember, Hendy Siswanto menerangkan bahwa pengiriman ini adalah implementasi dan realisasi MoU Pemkab Jember dengan Pemkab Blitar. "Blitar membutuhkan pakan ternak jagung dan kami surplus jagung dan bisa untuk dikirim ke Blitar," kata Hendy kepada sejumlah wartawan.

Hendy menjelaskan bahwa pada tanggal 20 Oktober 2021, pihaknya berjumpa dengan Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah dalam rangka arahan dari Presiden di Istana Bogor. 

Pemkab Jember b

"Gayung bersambut tepat sesuai dengan arahan Presiden bahwa Kabupaten di Indonesia harus saling bertransaksi satu dengan kabupaten yang lain," katanya. 

Untuk saling menguatkan, saling membeli dan menjual potensi kekuatan di Indonesia diputar di dalam negeri, katanya, tentunya itu akan menjadi kekuatan yang luar biasa, akan menjadi efisiensi, akan menjadi produktivitas yang bagus. 

"Alhamdulillah hari ini kami akan memberangkatkan 1 perjanjian kerjasama dengan Pemkab Blitar," ujarnya. 

Selain jagung, Hendy juga memaparkan kedepannya Pemkab Jember akan menawarkan komoditas-komoditas lainnya kepada seluruh Kabupaten.

Lebih jauh, Hendy menyatakan untuk peluncuran perdana ini, meminta kepada pemangku kepentingan yang terkait dengan peluncuran perdana komoditas harus menjaga kualitas, menjaga kontinuitas pengiriman tepat waktu. 

"Jangan sampai tidak tepat waktu, nanti bisa menjadikan presepsi yang tidak baik terhadap kerja sama lainnya. Mohon dukungan teman-teman semua, para petani yang ada di Jember bukan hanya jagung, kami juga berusaha Pemkab Jember membantu menjualkan ini, memasarkan ini untuk petani- petani kita,” tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES