Wisata

Pesona Danau Tambing yang Memukau

Selasa, 02 November 2021 - 21:09 | 141.74k
Dua bocah sedang bermain di tepi Danau Tambing. (Foto : Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)
Dua bocah sedang bermain di tepi Danau Tambing. (Foto : Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALUDanau Tambing, salah satu objek wisata di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah kembali ramai dikunjungi wisatawan. Minggu, 28 Oktober 2021 nampak ratusan wisatawan berkemah di tepian Danau yang berada di dalam Kawasan konservasi dan cagar biosfer itu. Mereka asyik menikmati udara sejuk, menanti pemandangan kabut menyelimuti Danau ketika pagi hari datang.

Wisatawan terpukau oleh merdunya cuitan burung saling bersahutan di sekitar danau. Kurang lebih 200 jenis burung ada di sekitarnya. Selain disuguhi pemandangan indah Danau yang dikelilingi pepohonan rindang dan merdunya suara burung ini juga memiliki taman anggrek. Berbagai jenis anggrek ada di tempat ini.

Danau Tambing b

Kartini Nainggolan salah satu pengunjung dari Kota Palu mengatakan dirinya sangat senang saat mendengar Danau Tambing dibuka kembali. Ketika itu, kata dia, dirinya langsung mendaftar secara online dan datang ke tempat ini.

Ia sangat terpukau dengan suara burung yang bersahutan selama berada di tempat itu. Ia datang bersama keluarga kecil dan kerabatnya. Meski jarak dari Kota Palu ke tempat ini cukup jauh dan melelahkan, namun terobati dengan pesona Danau Tambing yang memukau.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa menikmati udara dingin, menusuk hingga ketulang, melihat pemandangan kabut menyelimuti Danau dan memanjakan mata dengan pemandangan bunga anggrek yang indah,” kata Kartini sembari menunjuk ke arah taman anggrek.

“Tempat ini memang sangat indah, dekat dengan alam jauh dari kebisingan kota. Selama obyek wisata ini dibuka saya sudah dua kali berkunjung ke tempat ini,” tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Nur Kadire pengunjung berasal dari kota yang sama, Ia mengaku sangat senang bisa berada di tempat ini. Menurut dia, destinasi wisata ini sangat dekat dengan alam dan jauh dari kebisingan kota.

“Menurut saya tempat ini menjadi pilihan tepat bagi orang yang ingin dekat dengan alam jauh dari hiruk pikuk keramaian kota,” imbuhnya.

Sebelumnya, Danau yang terletak pada ketinggian sekitar 1700 meter dari permukaan laut ini sempat ditutup kurang lebih 11 bulan karena pandemi Covid-19. Namun seiring dengan melandainya angka penularan Covid-19 akhirnya salah satu obyek wisata di Sulteng ini resmi dibuka kembali untuk wisatawan sejak, Sabtu, (23/10/2021).

Kepala Balai Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Jusman mengatakan, pihaknya sudah melakukan re aktivasi secara bertahap. Pengunjung yang diterima hanya 25 persen, baik untuk kunjungan wisata maupun untuk kunjungan kegiatan penelitian.  

Danau Tambing c

Kata dia, pihaknya sudah mengkaji bahwa lokasi Danau Tambing memiliki daya dukung kurang lebih 1000 orang pengunjung perhari real time.  

“Artinya bisa saja dalam sehari 1000 orang bisa berkunjung apabila tidak menginap, ketika yang lain sudah meninggalkan tempat ini boleh diisi dengan pengunjung yang lain,” jelasnya.  

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sedang melakukan uji coba untuk inovasi dalam pelayanan pengunjung dengan melakukan pendaftaran secara online. Namun masih terbatas. Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan pengembangan agar lebih baik lagi.

Jusman mengungkapkan, akses untuk menuju Danau Tambing dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Palu melewati jalan Trans Palu-Napu sekitar 2 hingga 3 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 90 KM.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Danau Tambing, pastikan datang tepat waktu dan mematuhi protokol kesehatan. Jika anda berkunjung melewati pukul 18.00 dipastikan tidak akan diperbolehkan masuk. Selain itu, pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES