Pendidikan Indonesia Herd Immunity

Santri PPAD Lakukan Vaksinasi ke RSI PKU Muhammadiyah Tegal

Selasa, 02 November 2021 - 21:01 | 31.19k
Sejumlah Santri PPAD lakukan vaksinasi di RSI PKU Muhammadiyah Tegal. (FOTO: Dhinar for TIMES Indonesia)
Sejumlah Santri PPAD lakukan vaksinasi di RSI PKU Muhammadiyah Tegal. (FOTO: Dhinar for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, TEGAL – Sejumlah santri Pondok Pesantren Ahmad Dahlan (PPAD) Kabupaten Tegal melaksanakan vaksinasi di Rumah Sakit Islam (RSI) PKU Muhammadiyah Tegal. Vaksinasi dilakukan dalam rangka upaya percepatan herd immunity pada pelajar dan santri di Gedung ZamZam RSI PKU Muhammadiyah Tegal, Selasa (2/11/2021).

Serangkaian proses vaksinasi tersebut diawali degan skrining awal yang meliputi cek kesehatan dan tekanan darah, lalu penginputan data identitas santri hingga proses injeksi vaksin. Hal tersebut disampaikan langsung Direktur Pelayanan Klinis RSI PKU Muhammadiyah Tegal, dr Moh Abdurahman MARS saat memberikan pernyataan resmi kepada TIMES Indonesia.

Santri-PPAD-lakukan-vaksinasi-di-RSI-PKU-Muhammadiyah-Tegal-2.jpg

Selain itu, dr Moh Abdurahman menjelaskan, RSI PKU Muhammadiyah Tegal juga menyediakan ruang KIPI sebagai upaya preventif bagi santri yang terjadi reaksi KIPI. KIPI merupakan serangkan reaksi yang biasanya berupa peradangan dalam tubuh setelah proses imunisasi.

“KIPI biasanya muncul setelah pemberian vaksin disalah satu reaksi tubuh pasien. KIPI dapat terjadi dengan tanda atau kondisi yang berbeda-beda. Mulai dari gejala efek samping ringan hingga reaksi tubuh yang serius terhadap kandungan vaksin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dr. Moh Abdurahman, MARS mengapresiasi terhadap pihak PPAD dikarenakan semangatnya dalam melakukan upaya vaksinasi. Dia berharap, vaksinasi tersebut dapat memperkuat imunitas kalangan santri.

“Harapannya setelah melakukan vaksin, bisa meningkatkan imunitas di kalangan santri khususnya dalam pada proses pembelajaran di pondok pesantren. Selain itu, vaksinasi ini merupakan bentuk ikhtiar untuk bangkit dari pandemi Covid-19 melalui kerja sama, dukungan serta doa dari berbagai pihak,” tutur Direktur Pelayanan Klinis RSI PKU Muhammadiyah Tegal, dr Moh Abdurahman MARS. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES