Kuliner

Review Durian Pakel Banyuwangi, Rasanya Beda dan Bikin Ketagihan

Senin, 01 November 2021 - 05:07 | 86.50k
Durian Pakel Banyuwangi (Foto: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia)
Durian Pakel Banyuwangi (Foto: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIDurian Pakel, salah satu varian buah durian di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jika sudah datang musimnya, bisa dikatakan durian runtuh. Sebab setiap harinya bisa mencapai ratusan durian jatuh dari pohonnya, yang menandakan durian masak dengan kualitas terbaik.

Nama durian Pakel sendiri diambil dari sebuah desa bernama Pakel, yang terletak di Kecamatan Licin, Banyuwangi. Kawasan desa yang berada di lereng gunung Ijen ini, membuat rasa durian cenderung memiliki ciri khas yang jarang ditemui pada durian-durian di tempat lain.

Pernah dengar dengan istilah durian Montong, Musangking, durian Merah, atau bahkan durian Songgon? Ya memang beberapa nama durian ini sudah sedikit populer didengar masyarakat, namun durian Pakel akhir-akhir ini juga meroket namanya. Jadi jelas tak kalah saing, apalagi soal rasa, yakin deh bikin ketagihan kalau sudah pernah mencicipinya.

Durian Pakel 2

"Memang agak beda rasanya, durian pakel memiliki rasa perpaduan antara manis, legit, dan sedikit rasa pahit, tetapi bukan pahit, pokoknya beda," kata Khoirul Anam, seorang petani durian milenial di Desa Pakel, Minggu (31/10/2021).

Cara berburu durian Pakel juga tak membingungkan. Sepanjang jalan di desa ini, nyaris setiap rumah menjajakannya di depan rumah, karena setiap penduduk di desa Pakel hampir dipastikan memiliki pohon durian berusia puluhan tahun.

Uniknya, jika berburu durian di Desa Pakel, pasati akan mencapat kesan rileks, menikmati oksigen serta yang sejuk, juga nuansa pedesaan dengan beberapa titik memiliki view persawahan yang cukup elok. Disudut desa bahkan ada satu destinasi wisata andalan, yakni air terjun kedung angin.

Kebayang bukan?, uniknya berburu dan menikmati durian dengan rasa yang berbeda sambil berjelajah alam pedesaan yang eksotik. Namanya juga di desa. Harga durian di sini juga bersahabat, yakni Rp20 Ribu  hingga ratusan ribu rupiah, tergantung ukuran dan bentuk durian.

Bagaimana? tak usah ragu, Gercep (Gerak Cepat). Serbu cepat durian Pakel yang ada. Dan ambil pengalaman menarik dari sensasi makan durian di Desa Pakel, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES