Politik

Tujuh Tokoh Dideklarasikan Sebagai Capres 2024, Siapa Saja?

Minggu, 31 Oktober 2021 - 12:36 | 124.79k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia adalah salah satu pejabat yang sudah dideklarasikan sebagai Capres 2024. (FOTO: Moh Ramli/ TIMES Indonesia)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia adalah salah satu pejabat yang sudah dideklarasikan sebagai Capres 2024. (FOTO: Moh Ramli/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhelatan Pilpres 2024 memang masih jauh. Namun panasnya sudah terasa. Mulai dari adu elektabilitas hingga para pendukung mendeklarasikan tokohnya sebagai Capres 2024 nanti.

Dari rangkuman yang dilakukan oleh TIMES Indonesia, setidaknya hingga kini ada 7 tokoh politik nasional yang sudah sah dideklarasikan.

1) Puan Maharani

Puan-Maharani.jpgPuan Maharani. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

Puan Maharani deklarasikan oleh Relawan Wong Kito sebagai Capres 2024. Deklarasi untuk Ketua DPR RI itu sebagai Capres 2024 berlangsung di Ballroom Novotel Palembang langsung dikukuhkan Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) relawan Wong Kito Joni Iskandar, Rabu (20/10/2021) kemarin.

Joni mengatakan, Almarhum H.M Taufiq Kiemas ialah warga Sumsel yang mempunyai jasa yang sangat besar, khsususnya bagi kota Palembang.

“Banyak sekali jasa almarhum kepada kita seperti pembangunan infrastruktur Jakabaring, Tanjung Api-api dan lainnya. Makanya kita representatif warga Palembang membentuk relawan untuk mendukung anak Bapak Taufiq Kiemas untuk maju menjadi Presiden tahun 2024,” ujarnya.

2)  Anies Baswedan

Anies-Baswedan-3924e7848837d45c8.jpgGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (FOTO: Moh Ramli/ TIMES Indonesia)

Relawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) mendeklarasikan Gubernur Anies Baswedan menjadi calon presiden Indonesia di Pilpres 2024. Deklarasi digelar itu dilakukan Rabu (20/10/2021) di Gedung Juang, Jakarta Pusat.

Salah satu deklarator, La Ode Basir mengatakan, latar belakang pihaknya mendeklarasikan Anies Baswedan For Presiden 2024 karena Anies telah berhasil memimpin dan menata Jakarta lebih baik.

Keberhasilan ini bisa dilanjutkan mantan Mendikbud RI itu dengan memimpin Indonesia. "Kita lihat keberhasilan beliau dalam memimpin Jakarta. Jadi, Anies sangat layak, dia sangat menonjol di antara banyak gubernur dan tokoh nasional lainnya," ujarnya.

3) Ganjar Pranowo

Ganjar-Pranowo.jpgGubernur Ganjar Pranowo. (FOTO: Instagram Ganjar Pranowo)

Kawan Ganjar Bersatu Nasional (KGBN) Kabupaten Kudus, Jateng mendeklarasikan di dan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju di kontestasi Pilpres 2024.

"Pak Ganjar sudah layak dan pantas untuk membangun Indonesia tidak hanya sekadar Jawa Tengah," kata DPC KGBN Kabupaten Kudus, Suroso kepada awak media di sela cara deklarasi di Desa Getaspejaten, Kecamatan Jati, Minggu (12/9/2021) lalu.

Ia pun berharap masyarakat bisa bergabung dalam KGBN tersebut. "Kita selalu mendekat kepada masyarakat mungkin jalan sehat, pembagian masker kepada bersama tokoh agama kita minta doanya," ujarnya.

4) Luhut Panjaitan

Luhut.jpgLuhut Panjaitan. (FOTO: Instagram Luhut Panjaitan)

Relawan Luhut For Presiden RI 2024 juga resmi dideklarasikan di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (28/10/2021) kemarin.

Mereka berupaya menggalang dukungan untuk Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Ketua Deklarasi Sahabat Luhut For Presiden RI 2024, Toni Togatorop menyampaikan, Luhut memiliki rekam jejak yang baik. Banyak pencapaian yang diraih selama ini.

"Bahwa Luhut Binsar Panjaitan (LBP) putra terbaik di bangsa ini harus kita dukung. Kita susah menunggu putra bangsa terbaik yang bisa melanjutkan kebijakan Jokowi di bidang pembangunan, sumber daya manusia, alam, desain, dan infrastruktur," jelasnya.

5) Prabowo Subianto

Prabowo-Subianto.jpgPrabowo Subianto. (FOTO: Instagram Prabowo Subianto)

Meski sudah "KO" di Pilpres sebelumnya, Pengurus DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng) dan DPC Partai Gerindra se Jateng mendeklarasikan Prabowo Subianto, sebagai capres pada Pemilu 2024 nanti.

Deklarasi Prabowo sebagai capres 2024 dilakukan di Lor In Hotel Colomadu, Karanganyar, pada Sabtu (23/10/2021) lalu.

"Memohon kepada Prabowo Subianto untuk bersedia dicalonkan sebagai capres RI pada Pemilu 2024," demikian bunyi hasil deklarasi itu.

6) Budiman Sudjatmiko

Budiman-Sudjatmiko.jpgBudiman Sudjatmiko. (FOTO: Instagram Budiman Sudjatmiko)

Relawan yang menamakan diri Aliansi BerSinar mendeklarasikan dukungan untuk politikus PDIP Budiman Sudjatmiko sebagai capres 2024. Sejumlah elemen masyarakat dari beragam profesi tergabung di dalamnya.

Diketahui, deklarasi itu dilakukan di Cibinong, Jawa Barat pada Kamis (28/10/2021) kemarin. Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda.

"Kami bukan untuk memopulerkan Budiman Sudjatmiko, melainkan hanya untuk mengingatkan kepada rakyat bahwa ada salah satu tokoh yang pantas berkontestasi pada Pilpres 2024," ujar Anggota Presidium Aliansi BerSinar Ade Gunawan.

7) Sandiaga Uno

Sandiaga.jpgSandiaga Uno. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

Relawan Kawan Sandi (RKS) mendeklarasikan Sandiaga Uno untuk maju kembali sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 di atas kapal, Pelabuhan Paotere, Kecamatan Ujungtanah, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Deklarasi ini sengaja kami gelar di Pelabuhan Rakyat Paotere yang merupakan pusat ekonomi rakyat kecil yang menghubungkan Kota Makassar dengan ratusan pulau di Sulsel,” kata Relawan Kawan Sandi, Adhi Saputra dikutip dari Antara. Demikian 7 tokoh politik yang dideklarasikan untuk maju sebagai Capres 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES