Wisata

Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa Turun Tangan Majukan Dunia Pariwisata

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 17:02 | 32.13k
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat menjadi narasumber di Kuliah Tamu oleh FISIP Universitas Brawijaya secara daring. (Foto: Tangkapan layar)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat menjadi narasumber di Kuliah Tamu oleh FISIP Universitas Brawijaya secara daring. (Foto: Tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menparekraf RI (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Sandiaga Uno, mengajak mahasiswa turut memberikan sumbangsih terhadap kemajuan dunia industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Uno saat menjadi narasumber di acara Kuliah Tamu bertajuk Sinergi Kampus Merdeka Bagi Pengembangan Pariwisata oleh FISIP Universitas Brawijaya secara daring, Sabtu (30/10/2021).

Sandiaga Uno meminta para mahasiswa sebagai agen perubahan untuk meningkatkan keterampilan, menguasai teknologi, dan dikolaborasikan dengan ide-ide kreatifnya.

"Jadilah agen perubahan. Jangan jadi kaum rebahan. Ayo kita turun tangan, jangan pernah lepas tangan," tegasnya.

Sandiaga Uno menuturkan, para mahasiswa harus bisa mengambil peran bersama berupaya bangkit dan kembali memulihkan sektor ekonomi khususnya ekonomi kreatif.

Seperti halnya mahasiswa Universitas Brawijaya, diharapkan bisa menjadi penopang perekonomian bangsa dan membantu memasarkan pariwisata Indonesia melalui platform media sosial.

"Adek-adek mahasiswa bisa jadi penopang perekonomian bangsa dan UB jadi mitra peranan penting masa depan baik di ekonomi keseluruhan atau ekonomi kreatif," katanya.

Menurutnya, ada lima strategi untuk memulihkan ekonomi kreatif. Pertama adalah peningkatan SDM yang dilakukan lewat upskilling dan reskilling, bekerjasama dengan institusi pendidikan.

Kedua, revitalisasi destinasi. Ketiga, peningkatan resiliensi atau daya tahan dan daya saing usaha.

Keempat, melakukan inovasi produk dan jasa kreatif, serta terakhir adalah pemulihan dan perluasan pasar.

Webinar-2.jpg

Kepada mahasiswa UB, Sandiaga berpesan untuk menjadikan dunia pariwisata sebagai bagian dari keseharian. Ketahui potensi pariwisata dan ekonomi kreatifnya lalu kenalkan dan promosikan kepada dunia.

"Gimana caranya, bisa lewat sosmed, kalian bagian dari digital native, bantu atasi pandemi dengan memasarkan pariwisata Indonesia," ungkapnya.

Acara tersebut merupakan kerjasama FISIP Universitas Brawijaya bersama Radio PRFM 107,5 PRFM News Channel yang didukung oleh BCA.

Kuliah umum daring ini dihadiri oleh para mahasiswa baru Universitas Brawijaya angkatan 2021. Selain Sandiaga Uno, hadir pula sebagai pemateri Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FISIP UB, Dr. Ahmad Imron Rozuli,. SE., M.Si.

Ia berpesan kepada mahasiswa, guna meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif harus benar-benar didukung oleh seluruh stakeholder, termasuk dunia usaha, pemerintah, dan akademisi.

"Jadi bagaimana menyelematkan kebijakan dan implementasi serta memperkuat peran masyarakat," katanya.

Kampus Merdeka menjadi salah satu program pemerintah yang memberikan kesempatan proses pembelajaran lebih luas bagi civitas akademika serta kemitraan, tak terkecuali pengembangan dunia wisata.

Sinergi dan kolaborasi menjadi kata kunci demi kesuksesan pengembangan pariwisata.

Kampus pun harus menjadi arena bersama antara pemerintah, dunia usaha, dan civitas lainnya untuk mendorong sesuatu yang lebih baik ke depannya.

"Kampus menjadi salah satu garda terdepan dalam turut serta pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kemitraan," tuturnya.

Selain itu, BCA sebagai mitra sponsor acara ini juga mengenalkan program BCA Mobile yang akan memudahkan segala transaksi dari nasabahnya.

Kepala KCU BCA Malang, Liciana King mengungkapkan, lewat BCA mobile, pihaknya menghadirkan fitur digital dan memudahkan nasabah transaksi finansial mudah dan cepat seperti fitur QR, tarik tunai tanpa kartu (cardless), dan debit online.

"Besar harapan kami lewat kuliah daring umum dapat memberi nilai tambah bagi mahasiswa serta program BCA mobile bisa memberikan kecepatan kenyamanan dan keamanan dalam mendukung aktivitas perbankan," kata Liciana dalam acara kuliah tamu bersama Menparekraf RI Sandiaga Uno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES