Wisata

Ijen Geopark Menuju Predikat UNESCO Global Geopark

Jumat, 29 Oktober 2021 - 20:38 | 89.08k
Virtual Advisory Mission (VAM) untuk geopark yang ada di Indonesia (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Virtual Advisory Mission (VAM) untuk geopark yang ada di Indonesia (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kementerian PPN BAPPENAS menggelar Virtual Advisory Mission (VAM) untuk geopark yang ada di Indonesia. Kegiatan itu dalam rangka persiapan assessment aUGGp (aspiring UNESCO Global Geopark). Acara yang berlangsung sejak 26 Oktober 2021 itu diikuti oleh aUGGp Ijen, aUGGp Maros Pangkep dan aspiring Geopark Gorontalo. Ijen Geopark sendiri telah mewakili Indonesia untuk menjadi calon anggota baru UNESCO GLOBAL GEOPARK.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan presentasi dan tanya jawab progres Geopark Ijen, kegiatan VAM ditutup dengan tour situs geologi, biologi, dan budaya yang berada di Taman Nasional Alas Purwo, Desa Kemiren dan SMPN 3 Banyuwangi.

VAM b

Sebagai salah satu kandidat UGG, selama tiga tahun terakhir Ijen Geopark telah bersiap melengkapi berbagai persyaratan yang diberikan oleh UNESCO.

Salah satunya memenuhi pilar edukasi Geopark kepada pelajar dan masyarakat.

Seperti di SMPN 3 Banyuwangi misalnya, yang telah dilengkapi Geopark corner, taman agro yang terdiri dari tanaman endemik dan tanaman obat-obatan, serta para siswa didorong untuk menciptakan produk olahan inovatif dari bahan-bahan alam.

Salah satu produknya adalah handsanitizer dari aloevera, minuman penambah imun di masa pandemi yang berasal dari serai, jahe, kunyit.

Selain itu Ijen Geopark juga menggandeng UMKM dan komunitas, menggagas festival dengan tema Geopark, membangun berbagai visibilitas seperti papan penunjuk jalan, gapura Geopark, papan interpretasi yang ada di setiap destinasi, dan sebagainya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengaku akan terus mendorong Ijen Geopark untuk menjadi UGG.

VAM c

Banyuwangi terus melakukan perbaikan dengan mengerahkan seluruh SKPD dan juga komunitas untuk mendorong Ijen Geopark. 

"Ijen Geopark akan menjadi pusat penelitian dan juga pusat wisata tematik yang sangat berbeda dengan daerah lain," ungkap Bupati Ipuk. Ipuk menilai hal ini akan berdampak positif terhadap perekonomian Banyuwangi sekaligus dapat menjaga keberlanjutan ekosistem alam di Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES