Peristiwa Internasional

Arnold Schwarzenegger: Mengurangi Emisi Karbon Akan Menguntungkan Ekonomi

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 02:13 | 49.76k
Arnold Schwarzenegger berpendapat bahwa kebijakan hijau akan menguntungkan ekonomi di seluruh dunia.(FOTO : Screenshot BBC)
Arnold Schwarzenegger berpendapat bahwa kebijakan hijau akan menguntungkan ekonomi di seluruh dunia.(FOTO : Screenshot BBC)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aktor laga yang juga mantan Gubernur California, Amerika Serikat, Arnold Schwarzenegger mengatakan "bodoh" bila ada yang menyatakan bahwa mengurangi emisi karbon itu akan merugikan ekonomi.

Menjelang KTT Iklim COP26, Arnold seperti diungkapkannya kepada BBC, pengurangan emisi karbon justru akan menguntungkan ekonomi global.

Ia mengatakan mengurangi asupan daging tidak harus berarti mengorbankan sesuatu, malah memotongnya sendiri telah membuatnya lebih sehat.

Aktor Terminator itu juga membidik polusi yang disebabkan oleh perdagangan internasional.

Dalam wawancara panjang untuk seri 39 dengan tema "Cara Menyelamatkan Planet" di Radio 4 BBC,  Arnold Schwarzenegger mengklaim keberhasilan ekonomi California yang berkelanjutan dan penciptaan lapangan kerja yang produktif, adalah bukti pengurangan karbon dioksida dan peningkatan kekayaan yang berjalan seiring.

"Mereka pembohong, mereka bodoh. Atau mereka tidak tahu bagaimana melakukannya, karena kami memikirkan bagaimana melakukannya dan ini semua tentang memiliki nyali untuk melakukannya," bantahnya.

Arnold Schwarzenegger menjadi juara udara bersih dan energi terbarukan saat menjabat sebagai Gubernur California antara 2003 hingga 2011, dimana waktu itu menetapkan target untuk mengurangi asap knalpot dan emisi gas rumah kaca.

Sejak tidak menjadi Gubernur lagi, dia telah menggunakan ketenaran dan pengaruhnya untuk mempromosikan kebijakan pengurangan karbon, terutama dengan Inisiatif Iklim Schwarzenegger.

Schwarzenegger juga kritis terhadap agenda lingkungan yang berfokus pada pengorbanan gaya hidup.

Mantan juara binaragawan ini mengatakan, dia juga telah mengurangi asupan dagingnya sekitar tiga perempat dalam beberapa tahun terakhir, dan ia mengaku "mendapatkan" hasilnya.

"Sejak makan lebih banyak sayuran dan makanan nabati, dokter jantung saya mengatakan arteri saya telah berhenti menyempit," tegasnya.

"Jadi, bagaimana saya bisa melepaskan sesuatu? Saya mendapatkan kesehatan saya, itu memberi saya tambahan dua tahun," ujarnya kemudian.

Arnold Schwarzenegger juga percaya, bahwa teknologi memberikan solusi dan ia mengutip, Hummer kendaraan off-road gaya militer besar juga telah beralih dari diesel ke tenaga baterai sebagai bukti, karena versi listrik berjalan lebih cepat daripada banyak tenaga kuda.

Dia mengungkapkan kekhawatiran khusus tentang polusi udara dan gas rumah kaca yang berasal dari pengiriman, dan ia menyarankan hal terpenting yang bisa dilakukan sebagai individu untuk mengurangi karbon adalah berbelanja lokal.

"Beli produk lokal. Setiap kali anda membeli sesuatu dari luar negeri, itu buruk bagi lingkungan, - ini seperti hal terburuk yang bisa anda lakukan," kata dia.

Ketika ditanya, sebagai politisi Republik apakah dia harus mendukung kapitalisme global yang mendorong perdagangan semacam ini, Arnold Schwarzenegger menolak karakterisasi itu.

"Anda bisa memiliki kompetisi tetapi anda harus pintar tentang hal itu, karena jika orang mati, ya mereka mati. Ini sudah berakhir," ujarnya.

Dia juga berencana untuk menghadiri pembicaraan iklim di Glasgow minggu depan, tetapi tidak menaruh kepercayaan besar pada sistem top-down, dan ia lebih memilih untuk melihat solusi datang dari tekanan populer dan perubahan teknologi.

Namun, Arnold Schwarzenegger tetap optimis dan masih percaya: "Tidak ada takdir selain apa yang kita buat untuk diri kita sendiri," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES