Wisata

Wisata Sontoh Laut Surabaya Dibangun, Pemkot Adakan Sayembara Desain

Jumat, 29 Oktober 2021 - 15:50 | 90.16k
Kawasan Sontoh Laut Surabaya akan disulap sebagai destinasi wisata bahari. (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for Times Indonesia)
Kawasan Sontoh Laut Surabaya akan disulap sebagai destinasi wisata bahari. (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar sayembara desain Sontoh Laut sebagai destinasi wisata bahari Kota Pahlawan. Kontes ini bertujuan untuk mendorong partisipasi warga khususnya generasi muda Surabaya dalam pembangunan kotanya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap dengan adanya kontes ini, para pemuda yang memiliki pengetahuan tentang perkembangan arsitektur dan wisata alam dapat berpartisipasi dalam kontes tersebut.

Pihaknya sangat yakin Wisata Bahari Sontoh Laut akan menjadi wadah bagi anak muda di Kota Pahlawan dan destinasi tempat wisata baru yang menarik. Maka dari itu program pembangunan Sontoh Laut memang sengaja tidak dilaksanakan langsung oleh Pemkot Surabaya.

“Kalau pemuda ikut berpartisipasi, saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal. Ayo rek, para pemuda semua ikut sayembara ini untuk Surabaya yang lebih hebat lagi di masa mendatang,” ajaknya.

Wisata Sontoh Laut Surabaya 1

“Semangat dan karakter 28 Oktober silam diharapkan bisa muncul kembali, sehingga tidak hanya mengandalkan pemerintah kota dalam perencanaan Surabaya. Tetapi bagaimana seluruh elemen masyarakat, terutama pemudanya menjadi bagian dari perencanaan pembangunan di kotanya sendiri,” paparnya.

Tidak menutup kemungkinan beberapa proyek Pemkot Surabaya ke depan dikerjakan melalui cara seperti ini. Melibatkan langsung interaksi masyarakat lewat sayembara desain.

"Kita coba Sontoh Laut dulu, sehingga InsyaAllah dari hasil sayembara ini bisa dilakukan pula di tempat lainnya. Tentu dengan melibatkan semua elemen masyarakat melalui perlombaan serupa,” jelasnya.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu berencana mengembangkan Foodie Tourism Center atau Sentra Wisata Kuliner bersama generasi muda Surabaya.

“Dengan bergitu bakat-bakat hebat anak-anak muda Surabaya bisa tersalurkan. Saya ingin setiap pembangunan merupakan sumbangsih pemikiran dari seluruh warga Kota Surabaya,” tegasnya.

Sementara itu, Yanaita Febbi, selaku Ketua dari kompetisi desain Sontoh laut, mengumumkan bahwa pendaftaran dimulai dari tanggal 28 Oktober hingga 30 November 2021 melalui laman http://krearture.com dan Instagram @kreartureseries. 

Ia juga mengatakan nantinya akan ada webinar dengan tema 'Bagaimana cara membuat desain untuk tempat wisata terpadu' yang akan dilaksanakan pada 10 November 2021.

“Bahkan, nanti akan ada survei lokasi yang akan dilaksanakan secara individu oleh peserta dan akan dipandu oleh volunteer atau Bagian Humas Pemkot Surabaya di kawasan Sontoh Laut mulai 10-30 November 2021,” terang Febbi.

Batas akhir pengiriman adalah 12 – 14 Desember 2021. Berlanjut ke putaran evaluasi pertama pada 16 hingga 18 Desember 2021 dan tahap kedua pada 21 – 22 Desember 2021. Dengan menunjuk Medha Baskara Ketua IALI Jawa Timur, sebagai juri serta Profesional Arsitek Lanskap Zaky Umara dan perwakilan dari Pemkot Surabaya.

Wisata Sontoh Laut Surabaya 2

“Sedangkan awarding dan pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada 28 Desember 2021. Khusus pemenang pertamanya akan diumumkan langsung oleh Bapak Wali Kota, karena desain dari juara sayembara ini yang akan dipakai oleh Pemkot Surabaya untuk mengembangkan Wisata Bahari Sontoh Laut,” katanya.

Febbi melanjutkan pemenang juara I akan mendapatkan uang tunai 35 juta rupiah, tas barang, dan piagam penghargaan dari Wali Kota Surabaya. Sementara juara II akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp15 juta, tas barang, dan piagam penghargaan. Juara III akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 7,5 juta, tas barang, dan sertifikat penghargaan.

“Nanti juga akan ada dua orang juara favorit yang akan mendapatkan uang tunai Rp 1.250.000, tas barang, dan piagam penghargaan Wali Kota Surabaya. Ayo rek kirimkan karya terbaikmu mendesain Sontoh Laut!,” tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES