Peristiwa Daerah

Kabar Baik, Wisata Religi Makam Gus Dur di Jombang Kembali Dibuka

Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:17 | 71.65k
Wisata Religi Makam Gus Dur yang terletak di dalam komplek Ponpes Tebuireng Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia) 3. Pintu masuk arah makan Gus Dur (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)
Wisata Religi Makam Gus Dur yang terletak di dalam komplek Ponpes Tebuireng Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia) 3. Pintu masuk arah makan Gus Dur (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kabar baik, setelah hampir 2 tahun ditutup akibat pandemi Covid-19, kini Wisata Religi Makam Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) di Kabupaten Jombang akan kembali dibuka untuk umum.

Dibukanya kembali Wisata Religi Makam Presiden RI ke 4 ini, menyusul telah diterbitkannya surat edaran (SE) dari Pesantren Tebuireng dengan nomor surat : 1760/i/HM 00 01/PENG/X/2021.

Wisata Religi Makam Gus Dur 2Wisata Religi Makam Gus Dur yang terletak di dalam komplek Ponpes Tebuireng Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

KH Abdul Hakim Mahfudz, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mengatakan, keputusan membukanya kembali Wisata Religi Makam Gus Dur mengingat menurunnya terkendalinya kasus Covid-19 di Indonesia dan Kabupaten Jombang telah masuk PPKM level 1.

"Makam Masyayikh telah dibuka kembali mulai Senin, (1/11/2021) mendatang," katanya tertulis, Kamis (28/10/2021).

Namun, pembukaan Wisata Religi Makam Gus Dur tidak dibuka seperti biasanya. Dalam tahap uji coba ini, pada bulan November-Desember 2021 Makam hanya buka mulai pukul 08:00-13:30 WIB.

Wisata Religi Makam Gus Dur 3Pintu masuk arah makan Gus Dur (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

"Untuk tahun depan kami menunggu hasil dari uji coba dan evaluasi pada bulan - Desember 2021 mendatang, dan hari Jum'at tutup untuk peziarah umum," jelasnya.

Adapun syarat-syarat bagi pengunjung yang hendak ziarah yaitu wajib sudah melaksanakan vaksinasi tahap ke dua. Area makam dibatasi 150 orang selebihnya menunggu di area parkir yang akan diatur oleh petugas jadwalnya.

Waktu ziarah di Makam Gus Dur juga dibatasi yatu selama 20 menit dan tidak boleh memakai pengeras suara. "Peziarah wajib memakai maskes dan cuci tangan yang telah disediakan," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES