Peristiwa Daerah

Irfan Karim Bertekad Kembalikan Badko HMI Sebagai Rumah Peradaban di Sultra

Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:37 | 60.57k
Kandidat Ketum Badko HMI Sulawesi Tenggara Periode 2021-2023, Irfan Karim menyerahkan berkas pencalonannya kepada panitia Musda HMI Ke-VI - (FOTO: Irfan Karim For TIMES Indonesia)
Kandidat Ketum Badko HMI Sulawesi Tenggara Periode 2021-2023, Irfan Karim menyerahkan berkas pencalonannya kepada panitia Musda HMI Ke-VI - (FOTO: Irfan Karim For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIrfan Karim secara resmi menyerahkan berkas pencalonannya sebagai Kandidat Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Sulawesi Tenggara Periode 2021-2023, Selasa 26 Oktober 2021 lalu. Berkas pencalonan diserahkan kepada Steering Comitee Musda HMI VI.

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/10/2021) didampingi sejumlah Tim Pemenangan, Irfan mengatakan dirinya telah mempersiapkan secara matang gagasan yang akan dipersembahkan kepada publik dalam Musda Badko HMI Sultra.

Ia mengharapkan hajatan dua tahunan itu dimaknai sebagai ajang tarung gagasan, bukan tarung kekuasaan.

"Insyaallah kami siap. Semoga momentum ini tidak dimaknai sebagai ajang kontestasi perebutan kekuasaan dalam struktur Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sulawesi Tenggara, melainkan menjadi arena tarung ide dan gagasan atau hal lain yang lebih prinsipil demi perbaikan himpunan," ujarnya.

Irfan menekankan garis besar pencalonannya melalui gagasannya menjadikan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai Rumah Leradaban seperti apa yang telah dicita-citakan para pendahulu himpunan.

Dimana HMI ke depan mesti mengambilalih peran sentral dalam menjaga kebhinekaan, memerangi rasisme dan intoleransi yang sedang mendera bangsa ini.

Ia juga bertekad menjadikan HMI sebagai poros utama organisasi perjuangan dengan pemikiran.

Selain itu mewujudkan HMI sebagai gerakan mahasiswa Islam yang prolifik serta mampu menjadi trouble shooter dalam menjawab tantangan zaman.

"Dalam berkontribusi terhadap umat dan bangsa, di HMI semua ada instrumennya. Secara totalitas akan saya maksimalkan jika diamanahkan memimpin himpunan ini," kata Irfan yang juga alumnus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Bina Bangsa di Strata 1 (S1).

Berikut mengembalikan tradisi akademis HMI melalui telaah kebijakan pemerintah yang digodok menjadi alternatif solution serta memaksimalkan potensi dan distribusi setiap kadernya pada ruang-ruang profesional.

"Dulu HMI tidak pernah alfa dalam mendorong produk kebijakan pemerintah yang pro terhadap rakyat, boleh dilihat kontribusi HMI dalam regulasi dulu," kata putera daerah asal Kabupaten Konawe yang telah mengikuti seluruh jenjang training formal di HMI tersebut.

Ke depan, Badko HMI Sultra akan didorong pada seluruh bidang agar setiap semester menggodok naskah akademik mengenai aturan.

Baik dalam level daerah maupun nasional yang berkenaan dengan bidang masing-masing dengan melibatkan alumni.

Selanjutnya didorong agar dijadikan produk kebijakan pemerintah.

Irfan juga menekankan terhadap komitmen pembenahan internal HMI dalam menumbuhkan karakter kepemimpinan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang intelektual - produktif melalui modernisasi tata kelola organisasi.

Dan, terakhir disebutkan bahwa HMI harus menjadi lokomotif perdamaian daerah.

"Secara totalitas Badko HMI Sultra akan menjadi katalis dalam penguatan lembaga perkaderan dalam menumbuhkan karakter kepemimpinan kader HMI yang intelektual-produktif melalui modernisasi tata kelolah organisasi," jelas Irfan yang saat ini sedang melanjutkan study pasca sarjana (S2) di Universitas Budi Luhur Jakarta.

Sementara itu, Ketua Panitia Musda Badko HMI Sultra, Sulharjan mengatakan panitia bersama SC telah menyepakati pemindahan Forum Musyawarah Daerah Badan Koordinasi HMI Sulawesi Tenggara VI.

Rencana awal akan digelar dan dibuka di Kabupaten Kolaka dan dipindahkan ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Karena izin tempat dan keramaian juga telah selesai sekaligus pertimbangan keuangan panitia, kami bersama SC telah menyepakati pemindahan Forum Musyawarah Daerah Badan Koordinasi HMI Sulawesi Tenggara ke VI yang tadinya dibuka di Kabupaten Kolaka kami pindahkan di Kendari," kata dia.

Forum Pengambilan keputusan tertinggi dalam Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sulawesi Tenggara ini direncanakan akan digelar pada 29 Oktober 2021 mendatang.

Selain adu gagasan mengenai perbaikan-perbaikan ditubuh himpunan, Musda itu juga bertujuan untuk memilih Ketua Umum Badko HMI Sultra yang baru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES