Kopi TIMES

Sumpah Pemuda: Spirit Persatuan dalam Keberagaman

Kamis, 28 Oktober 2021 - 11:56 | 27.60k
Sumpah Pemuda: Spirit Persatuan dalam Keberagaman
Ir R Agoes Soerjanto, Ketua PD XIII GM FKPPI Jawa Timur.
Editor: Yatimul Ainun

TIMESINDONESIA, JAKARTA – "Berilah aku semilyun orang tua, maka aku akan sanggup memindahkan Gunung Merapi dari tempatnya; dan berilah aku sepuluh pemuda yang bersemangat besar, niscaya aku akan sanggup menggemparkan dunia".

Begitu kata-kata motivasi dari Ir Soekarno atau yang populer dipanggil Bung Karno, dalam mengobarkan semangat rakyatnya dan terutama para kaum muda. Lalu, bagaimana semangat kaum muda milenial saat ini? Apa pikiran kita untuk bangsa Indonesia, terutama di masa pandemi yang berlum juga berakhir ini? Pada momentum hari lahirnya Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, harus menjadi spirit bagi kaum muda milenial saat ini.

Mengutip singkat sejarah lahirnya sumpah pemuda, yang memiliki makna mendalam bagi sejarah bangsa ini, dicetuskan pada 28 Oktober 1928. sumpah pemuda lahir sebagai ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia. Ditulis oleh Sudiyo lewat buku Perhimpunan Indonesia, bahwa Sumpah Pemuda telah dilakukan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta).

Kongres Pemuda I atau Kerapatan Besar Pemuda dihadiri oleh perwakilan dari perhimpunan pemuda/pemudi termasuk Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Studerenden Minahasaers, Jong Bataks Bond, Pemuda Kaum Theosofi, dan masih banyak lagi. 

Tujuan Kongres Pemuda I, seperti dikutip dari buku Peranan Gedung Kramat Raya 106 dalam Melahirkan Sumpah Pemuda (1996) karya Mardanas Safwan, antara lain mencari jalan membina perkumpulan pemuda yang tunggal, yaitu dengan membentuk sebuah badan sentral dengan maksud: Pertama, untuk memajukan persatuan dan kebangsaan Indonesia, serta yang kedua adalah demi menguatkan hubungan antara sesama perkumpulan pemuda kebangsaan di tanah air. 

Namun, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan bagi semua pihak lantaran masih adanya perbedaan pandangan. Setelah itu, digelar lagi beberapa pertemuan demi menemukan kesatuan pemikiran. Maka, disepakati bahwa Kongres Pemuda II akan segera dilaksanakan.

Selanjutnya, lahir Kongres Pemuda II yang dilangsungkan selama dua hari pada 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia. Hari pertama, kongres menempati Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sedangkan kongres di hari kedua diadakan di Gedung Oost Java (sekarang di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat). 

Adapun tujuan Kongres Pemuda II antara lain: (1) Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia, (2) Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia; serta (3) Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia dari sejarah singkat tersebut, banyak sekali makna dan nilai-nilai yang dapat menjadi inspirasi dari Sumpah Pemuda bagi kaum muda. 

Sumpah Pemuda sangat banyak memuat nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sri Sudarmiyatun dalam buku berjudul “Makna Sumpah Pemuda” (2012) menyebutkan bahwa nilai-nilai Sumpah Pemuda antara lain: Nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

Dari itu, Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri. Terutama di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir melanda bangsa Indonesia.

Memaknai Sumpah Pemuda di masa pandemi covid-19 ini, kaum muda harus terus bersatu, terus bangkit dan terus tumbuh untuk berjuang menjadi bangsa yang maju kerkeadaban. Terus bersatu harus menjadi spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Kaum muda harus menjadi pelopor spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19. Terus berupaya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda. Itulah solusi terbaik bagi kaum muda berjuang dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Sudah 93 tahun Sumpah pemda itu lahir. Saatnya semangat kaum muda terus berkobar untuk kemajuan Indonesia. Membangun komitmen pemuda Indonesia untuk bersatu dalam menghadapi pandemi COVID-19. Semangat kepemudaan harus terus berkobar untuk indonesia bangkit. Harus sama-sama berkomitmen mewujudkan ekonomi Indonesia tumbuh dengan semangat kewirausahaan.

Sesuai dengan ikrarnya: Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia. Hal ini masih sangat relevan di masa kini dan mendatang.

Mengutip dalam buku Milenial Memaknai Sumpah Pemuda oleh Semuel S. Lusi, Ricky Arnold dan Roberto Duma, generasi muda zaman sekarang bisa mengimplementasikan wujud dari Sumpah Pemuda yang disesuaikan dengan konteks masa kini.

Sumpah Pemuda membuktikan bahwa generasi muda bisa memberikan dampak signifikan dalam terbentuknya sebuah negara. Hal tersebut harus dijadikan dorongan untuk generasi muda saat ini untuk bekerja, berkarya, dan berjuang. Jika pemuda zaman dulu bisa, generasi muda sekarang juga pasti bisa. Pasti bisa. 

mengkaji soal kemerdekaan dalam konteks modern, adalah kebebasan dari intoleransi dan konflik, serta menjaga persatuan dan persaudaraan bangsa. Nilai-nilai Sumpah Pemuda dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud dari penanaman jiwa nasionalisme, cinta Pancasila dan NKRI harga mati. Sumpah Pemuda adalah keputusan yang menekankan pada cita-cita akan tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan juga bahasa Indonesia. 

Terakhir, Sumpah Pemuda tidak hanya merepresentasikan perjuangan para pemuda, melainkan hasil perjuangan seluruh masyarakat Indonesia. Ikrar Sumpah pemuda merupakan bentuk semangat masyarakat untuk menegaskan impian berdirinya negara Indonesia yang berkarya dan berdaya untuk kesejahteraan rakyatnya. (*)

 

*) Penulis, Ir R Agoes Soerjanto, Ketua PD XIII GM FKPPI Jawa Timur

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Isu Reshuffle Kabinet Menguat, PKB: Tunggu Saja Akan Ada Kejutan
    Isu Reshuffle Kabinet Menguat, PKB: Tunggu Saja Akan Ada Kejutan
    08/12/2021 - 16:25
  • Bea Cukai Madura Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal di Pamekasan
    Bea Cukai Madura Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal di Pamekasan
    08/12/2021 - 16:21
  • Ketua Fraksi PKB DPRD Pacitan Desak Bupati Segera Isi Jabatan Kosong Kepala OPD
    Ketua Fraksi PKB DPRD Pacitan Desak Bupati Segera Isi Jabatan Kosong Kepala OPD
    08/12/2021 - 16:17
  • Ketua MPR RI: MUI Wadah Pembinaan Umat
    Ketua MPR RI: MUI Wadah Pembinaan Umat
    08/12/2021 - 16:14
  • Luncurkan QRIS di Empat Pasar, BI Gandeng Bupati Tegal dan BRI Slawi
    Luncurkan QRIS di Empat Pasar, BI Gandeng Bupati Tegal dan BRI Slawi
    08/12/2021 - 16:10

TIMES TV

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

05/11/2021 - 09:44

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis
Profesor Kopi : Malang Gudangnya Kopi Robusta

Profesor Kopi : Malang Gudangnya Kopi Robusta

iGuides

  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00

KOPI TIMES

  • Urgensinya Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
    Urgensinya Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
    08/12/2021 - 16:02
  • Hak Asasi Manusia Dalam Sudut Pandang Demokrasi
    Hak Asasi Manusia Dalam Sudut Pandang Demokrasi
    08/12/2021 - 15:34
  • Kesetaraan Pendidikan Bagi Kaum Hawa
    Kesetaraan Pendidikan Bagi Kaum Hawa
    08/12/2021 - 14:38
  • Literasi Baca, Melestarikan Arsip Tekstual di Indonesia
    Literasi Baca, Melestarikan Arsip Tekstual di Indonesia
    07/12/2021 - 16:21
  • Akankah Permendikbud Ristek Berujung Pada Uji Materi di MA?
    Akankah Permendikbud Ristek Berujung Pada Uji Materi di MA?
    07/12/2021 - 15:13
  • Optimalisasi Program Sister School
    Optimalisasi Program Sister School
    07/12/2021 - 11:31
  • Kita Masih Telanjang
    Kita Masih Telanjang
    07/12/2021 - 10:42
  • Lingkungan Hidup dan Ekopedagogi dalam Pendidikan Agama Islam
    Lingkungan Hidup dan Ekopedagogi dalam Pendidikan Agama Islam
    07/12/2021 - 05:16

KULINER

  • Ide Snack Platter Terbaik untuk Teman Asyik di Rumah
    Ide Snack Platter Terbaik untuk Teman Asyik di Rumah
    08/12/2021 - 12:29
  • Q5 Steak Gelar Eating Challenge TikTok, Hadiah 2 Bulan Makan Sepuasnya
    Q5 Steak Gelar Eating Challenge TikTok, Hadiah 2 Bulan Makan Sepuasnya
    07/12/2021 - 13:16
  • Lontong Tahu Kuliner Khas Blora, Cita Rasa Unik dan Berbeda
    Lontong Tahu Kuliner Khas Blora, Cita Rasa Unik dan Berbeda
    07/12/2021 - 03:22
  • Makanan Lezat dan Konsep No Waste, Bikin Ketagihan Nongkrong di The G Flavours
    Makanan Lezat dan Konsep No Waste, Bikin Ketagihan Nongkrong di The G Flavours
    05/12/2021 - 13:12
  • Batu Street Food Hadir Lagi di Kota Batu
    Batu Street Food Hadir Lagi di Kota Batu
    04/12/2021 - 21:06