Wisata

Wisata Hutan Pinus Songgon Jadi Lokasi Favorit Berkemah di Banyuwangi

Kamis, 28 Oktober 2021 - 11:49 | 265.68k
Para wisatawan saat berkunjung di Destinasi Wisata Hutan Pinus Songgon Banyuwangi. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)
Para wisatawan saat berkunjung di Destinasi Wisata Hutan Pinus Songgon Banyuwangi. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Menjadi surganya pariwisata di Jawa Timur,  Kabupaten Banyuwangi tak henti-hentinya menawarkan keindahan alam bagi para wisatawan. Seperti yang ditawarkan wisata hutan Pinus Songgon yang menjadi lokasi favorit kamping atau berkemah keluarga maupun komunitas.

Terletak di Dusun Sumberagung, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Hutan pinus seluas 12 hektar ini memiliki pesona untuk menjadi tempat berlibur bagi keluarga atau para pencinta alam.

Pengelola destinasi wisata hutan Pinus Songgon, Wey Delvi menyampaikan sejak dibuka bulan Oktober tahun 2016 lalu, wisata ini banyak dilirik oleh instansi maupun keluarga besar dan berbagai komunitas untuk menikmati suasana sejuk di alam terbuka.

Wisata Hutan Pinus Songgon Banyuwangi a

"Di sini para wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang bagus, selain keasrian pohon pinus, banyak juga yang menjadikan lokasi wisata ini sebagai spot foto," kata Wey Delvi, Kamis (28/10/2021).

Berbagai fasilitas penunjang juga ada di tempat ini, mulai dari 30 unit kamar mandi yang sudah sesuai dengan standar kesehatan, hingga ada pula kafe dan beberapa warung yang siap menjamu kalian apabila rasa lapar menghampiri.

Untuk harga tiket masuk yang ditawarkan pun juga cukup ramah di kantong, yakni hanya dengan Rp 5 Ribu saja kalian sudah bisa merasakan keindahan alam di wisata pinus songgon Banyuwangi.

Selain itu bagi yang ingin kamping di lokasi hutan wisata milik perhutani KPH Banyuwangi Barat ini, kalian bisa menyewa tenda dengan harga Rp 75 Ribu saja, itupun sudah termasuk jasa layanan bongkar dan pasang tenda.

"Selain berbagai fasilitas yang sudah kita sediakan, apabila wisatawan yang kamping di tempat ini tak ingin repot masalah makan, kita juga memiliki paket hidangan yang bisa disesuaikan dengan keinginan wisatawan. Mulai dari harga Rp 8 Ribu hingga Rp 35 Ribu," cetus Wey Delvi.

Wisata Hutan Pinus Songgon Banyuwangi b

Bagi wisatawan umum yang berkunjung hanya untuk memburu spot foto dan berekreasi tanpa menginap, area wisata ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sementara bagi para wisatawan yang kamping tempat ini dibuka selama 24 Jam.

Dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19 pihak pengelola wisata juga mengimbau kepada seluruh wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, sesuai dengan peraturan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, dilokasi ini hanya bisa menerima 25 persen pengunjung saja. Yakni 450 orang dari kapasitas maksimal 1.800 pengunjung.

"Di lokasi ini kita sediakan berbagai fasilitas protokol kesehatan, seperti tempat mencuci tangan dan alat pengukur suhu. Para wisatawan yang datang pun juga diwajibkan untuk menscan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi yang kita sudah sediakan di pintu masuk tempat wisata ini," ucap Wey Delvi.

Wey Delvi menambahkan, wisata alam yang mengangkat tema konservasi hutan ini juga turut melibatkan masyarakat sekitar sebagai pengelola. Selain menjadi sumber pemberdayaan ekonomi masyarakat, adanya wisata pinus songgon ini juga turut dijadikan sebagai sarana edukasi tentang pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup manusia.

"Masyarakat kita berikan informasi tentang bahanya menebang pohon secara liar bagi kelangsungan alam. Untuk itu edukasi fungsi hutan dan pohon pinus terus kita galakkan sebagai iko wisata Hutan Pinus Songgon Banyuwangi," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES