Gaya Hidup

Tips Membuat Anak Betah di Rumah

Kamis, 28 Oktober 2021 - 06:19 | 59.64k
Ilustrasi - Tips membuat anak bentah dirumah (Foto: Freepik/gpointstudio)
Ilustrasi - Tips membuat anak bentah dirumah (Foto: Freepik/gpointstudio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suasana rumah yang nyaman turut mempengaruhi perkembangan anak. Anak akan tumbuh baik jika dibesarkan di rumah yang mampu memberi rasa aman, ketenangan untuk belajar hal baru, tidak takut untuk melakukan kesalahan, atau dipermalukan. Karena itu penting untuk membuat anak betah di rumah.

Nah, agar anak betah di rumah, berikut tiga cara yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua, dilansir dari Klik Dokter.

1. Pilih dengan bijak kata-kata yang digunakan dalam keluarga

Tanyakan pada diri sendiri, apakah lingkungan rumah menjadi tempat yang positif atau justru menimbulkan hal-hal negatif dengan kata dan tindakan yang menyakitkan.

Sebagai orang tua, Anda tidak akan mampu mengontrol bagaimana dan dengan siapa anak berbicara di sekolah atau tempat bermain. Namun, Anda dapat mengontrol sepenuhnya suasana seperti apa yang dibangun di dalam rumah.

Suara yang Anda gunakan saat berbicara dengan anak akan selalu diingat oleh mereka, apa yang Anda ucapkan ke mereka adalah hal yang mereka percayai. Suara yang penuh dengan keyakinan, cinta, kesabaran, dukungan dan penerimaan harus ditanamkan kepada anak. Itu karena tidak ada orang lain yang mampu memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan orang tua.

2. Ciptakan suasana rumah yang positif, dan berikan pujian positif dan dorongan yang tepat bagi anak

Mendampingi-anak-a.jpgFoto: Freepik/pvproductions

Anak-anak punya semangat dan keinginan yang kuat untuk belajar hal baru, tapi pada saat belajar sering kali membutuhkan waktu yang lama atau bahkan mengalami kegagalan berkali-kali. Di sinilah kata-kata dari orang tua berperan sangat penting.

Memberikan semangat dengan antusias dan kehangatan akan menambah energi serta semangat anak untuk terus belajar. Namun, ketika anak justru mendapatkan kalimat yang bersifat kritik dengan nada yang tinggi akan menurunkan semangat anak dan membuat mereka berhenti untuk mencoba serta  merasa gagal.

Ini adalah prinsip dasar dalam memberikan dorongan. Anak akan semakin dekat dengan orang tua ketika mereka diberikan dorongan melalui pujian dan nasihat yang membangun. Sebaliknya, kritik pada saat mereka sudah berusaha dengan keras justru mematikan semangat dan komitmen mereka untuk mendapatkan hasil yang baik.

3. Bahagiakan anak dengan menunjukkan kasih sayang dan perhatian yang tulus

Tunjukkan kasih sayang orang tua kepada anak dengan cara memeluk, merangkul, memegang tangan dan cara-cara lain yang menyuarakan bahwa orang tua sangat menyayangi mereka. Cara orang tua mendemonstrasikan cinta akan membantu anak merasa nyaman untuk balik mengekspresikan perasaan mereka pada saat mereka sakit atau berada dalam masalah, meskipun mereka hanya sekadar butuh untuk berbicara.

Penting untuk menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak ketika mereka terluka dan memiliki sesuatu yang salah atau melanggar aturan. Ini meyakinkan mereka, bahwa bahkan ketika ada sesuatu yang salah, Anda tidak akan berhenti mencintai mereka apapun situasinya.

Membuat anak betah di rumah bukanlah sekadar mengajak anak bermain dan menyibukkannya di rumah. Menciptakan suasana rumah yang nyaman dan aman, akan juga sangat penting. Suasana rumah yang positif dengan seluruh anggota keluarga yang suportif, akan membuat anak betah di rumah dan merasa dihargai. Kesan ini akan berpengaruh pada perkembangan anak dan membentuk pribadinya menjadi positif pula hingga dewasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES