Peristiwa Daerah

Akhirnya! Car Free Day di Surabaya Bakal Kembali Digelar

Rabu, 27 Oktober 2021 - 21:56 | 81.73k
Warga mengikuti senam bersama dalam momen Car Free Day sebelum pandemi Covid-19. (FOTO: dok. Times Indonesia)
Warga mengikuti senam bersama dalam momen Car Free Day sebelum pandemi Covid-19. (FOTO: dok. Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Setelah hampir dua tahun kegiatan Car Free Day (CFD) di Surabaya tidak terselenggara, dalam waktu dekat ini upaya pengurangan emisi karbon kendaraan bermotor itu akan kembali digelar.

Setelah situasi Covid-19 di Kota Pahlawan berhasil melandai dan masuk dalam PPKM Level 1 per per tanggal 19 Oktober 2021. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini. Namun ia memastikan sebelum CFD digelar, ada aturan-aturan teknis yang harus dipatuhi bersama.

"CFD InsyaAllah masih dihitung (teknisnya) bersama teman-teman, dengan batasan-batasan. Sehingga tidak dibuka los (bebas)," ujarnya saat ditemui awak media di Balai Kota, Rabu (27/10/2021).

Penerapan protokol kesehatan seperti pembatasan jumlah pengunjung hingga penerapan scan barcode PeduliLindungi menjadi dua di antara syarat utama.

"Misalnya berapa jumlah pengunjung CFD nanti. Terus di ujung-ujung (jalan) ada yang menjaga berapa orang dan yang penting ada PeduliLindungi saat masuk ke CFD-nya. Itu yang kita lakukan dan kita sedang diskusikan dengan teman-teman," papar Eri.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu tidak ingin dengan penerapan kembali CFD, kemudian menimbulkan euforia bagi masyarakat sehingga abai terhadap protokol kesehatan. "Kita mulai menggerakkan menuju new normal tapi tidak euforia yang berlebihan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo memastikan bahwa tahap awal CFD akan dilaksanakan mulai tanggal 7 November 2021.

Diawali dengan uji coba di kawasan Jalan Kembang Jepun, yang telah mendapatkan asesmen dari Satgas Covid-19 Surabaya.

"Kembang Jepun dipilih karena tidak terlalu banyak jalannya, hanya ada dua. Sehingga mudah bagi kami untuk menyiapkan aplikasi peduliLindungi, dan memastikan masyarakat yang masuk area itu sudah melaksanakan vaksin dua kali," jelasnya.

Nantinya pelaksanaan Car Free Day di Surabaya juga akan dipantau langsung oleh jajaran BPB Linmas, Satpol PP, hingga petugas kecamatan dan kelurahan. Suharto mengaku sudah menyampaikan permohonan ke Satgas Covid-19 untuk kembali melakukan peninjauan ke beberapa lokasi selain Kembang Jepun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES