Peristiwa Internasional

Kebakaran Melahap Lahan Perhutani Seluas Lima Hektare di Blawan Bondowoso

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:23 | 42.99k
Tampak api melalap alang-alang yang sudah kering. Akibatnya lima hektar lahan Perhutani KPH Bondowoso terbakar (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)
Tampak api melalap alang-alang yang sudah kering. Akibatnya lima hektar lahan Perhutani KPH Bondowoso terbakar (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Seluas lima hektare lahan milik Perhutani di Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Blawan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Bondowoso mengalami kebakaran.

Humas Perhutani KPH Bondowoso, Yulianto membenarkan adanya kebakaran tersebut. Bencana tersebut terjadi pada Senin (25/10/2021) kemarin.  Menurutnya, kebakaran terjadi di petak 91A. Menurutnya, api berhasil dipadamkan setelah sekitar 3,5 jam.

Kejadian kebakaran tersebut tepatnya sekitar Pukul 12.50 WIB sampai Pukul 16.30 WIB. Petugas yang ada di sekitar lokasi langsung bergerak untuk memadamkan api.

"Mulai dari Mandor, anggota Polri dan TNI, masyarakat seputar hutan dan tim Satgas Damkar bahu membahu memdamkan api," paparnya.

Menurutnya, kebakaran pertama kali diketahui oleh masyarakat yang melihat adanya kepulan asap.  "Kemudian saat turun ke lokasi ternyata lokasi kepulan asap berasal dari petak 91A," paparnya, Selasa (26/10/2021).

Mengetahui hal itu  pihaknya langsung melakukan pemadaman dengan alat gepyok ranting daun basah. Namun karena angin cukup kencang. Api cepat menjalar dan membakar alang-lang yang sudah kering. 

"Jenis tanaman atau vegetasi yang terbakar itu alang-alang atau kirinyu dan serasah," ujarnya. 

Pihaknya belum belum bisa memastikan penyebab kebakaran di lahan Perhutani di Kabupaten Bondowoso tersebut. "Diduga karena tiupan angin yang sangat kencang sehingga menimbulkan percikan api dan membakar alang-alang yang sudah kering," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES