Peristiwa Daerah

Tingkatkan Kemampuan, Polres Malang Gelar Pelatihan Pengendalian Massa

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:19 | 27.04k
Personil Polres Malang ketika latihan pengendalian masa. (Foto: Humas Polres Malang for TIMES Indonesia)
Personil Polres Malang ketika latihan pengendalian masa. (Foto: Humas Polres Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Personil Polres Malang melakukan peningkatan kemampuan pengendalian massa atau dalmas di Halaman Mapolres Malang, Selasa (26/10/2021).

Pelatihan pengendalian massa tersebut dibuka serta disaksikan langsung oleh Waka Polres Malang Kompol Rizky Tri Putra beserta para Pejabat Utama atau PJU Polres Malang.

Waka Polres Malang Kompol Rizky Tri Putra menjelaskan terkait tersebut. "Pelatihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menanggulangi aksi unjuk rasa," ujarnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan.

"Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Malang," tuturnya.

Personil Polres Malang bWaka Polres Malang Kompol Rizky Tri Putra ketika membuka pelatihan pengendalian masa. (Foto : Humas Polres Malang for TIMES Indonesia).

Menurutnya, Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya.

"Dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan," sebutnya.

Disebutkan, kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.

“Dengan pelatihan pengendalian masa bagi personil Polres Malang ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya di lapangan,” cetusnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES